web analytics
Mampir ke Empat Tempat Ini Buat Jajan Cireng Nikmat di Bandung!
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Feb 02, 2018 | 10:35 WIB
Mampir ke Empat Tempat Ini Buat Jajan Cireng Nikmat di Bandung!
Ilustrasi cireng. (Pinterest/Eresep)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Cireng adalah aci digoreng. Camilan kenyal-kenyal nikmat yang satu ini sudah begitu kesohor. Ngemil cireng di sore hari sambil ditemani segelas teh manis hangat, nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan.

Cireng adalah camilan asal Sunda dan telah eksis sejak tahun 1980an. Ia dibuat dari campuran adonan tepung kanji dan tapioka yang digoreng kering. Dicampur juga dengan bawang putih, kedelai, dan daun bawang.

Awalnya cireng biasa dimakan polos atau paling tidak dicocol dengan saus kacang. Tapi, semakin ke sini, cireng semakin berinovasi. Mulai dari cireng isi yang di dalamnya ada sosis, bakso, daging ayam dan lain-lain, hingga cireng yang dikombinasikan dengan keju dan saus mayonnaise sekalipun.

Buat mengisi camilan akhir pekanmu di Bandung, kini ayobandung kasih kamu beberapa rekomendasi cireng nikmat!

 

#1 Cireng Cipaganti

Bisa dibilang ini adalah cireng terfavorit di Bandung Raya! Cireng Cipaganti juga merupakan salah satu pelopor camilan cireng isi di Kota Bandung. Awalnya hanya gerobak di Jalan Cipaganti. Namun, seolah tak bisa dikalahkan, pamor Cireng Cipaganti tetap terdengar sejak 1990-an hingga sekarang.

Gampang saja menemukan Cireng Cipaganti ini. Sekarang kamu bisa menemukan cireng paling tersohor di Kota Bandung ini salah satunya di Riau Junction, Jalan R.E Martadinata.

Soal rasa jangan ditanya, justru itu yang jadi kehebatan Cireng Cipaganti. Teksturnya yang begitu renyah saat dimakan membikin siapa saja ingin lagi, lagi, dan lagi. Apalagi sambal kacangnya yang gurih.

Selain isi sambal kacang, Cireng Cipaganti juga punya beberapa varian cireng lain seperti isi sosis, abon, kornet, dan lain-lain.

Sumber foto : foody.id

#2 Cilok Goreng Borma Setiabudi

Cilok adalah aci dicolok. Aci yang dibentuk bulat-bulat, lalu dikukus. Itu namanya cilok. Kalau cireng, jelas seperti yang disebutkan di atas, aci digoreng. Nah kalau yang satu ini merupakan kombinasi antara keduanya.

Gerobak ini dikenal dengan nama Cilok Goreng Borma Setiabudi. Sesuai dengan nama, ia mangkal setiap hari tepat di depan gerbang Borma Setiabudi.

Di sini, satu tusuk cilok yang telah dikukus bakal digoreng lagi sampai kering. Tapi tenang saja, teksturnya justru renyah tanpa alot. Setelah digoreng, kamu bisa cocol si cilok goreng ini ke beberapa bumbu yang bisa kamu pilih. Ada sambal kacang kering dan sambal kacang basah, tergantung seleramu saja.

Sedikit saran dari ayobandung buat kamu yang ingin menjajal cilok goreng ini untuk sedikit bersabar. Soalnya bisa jadi kamu bakal rebutan sama pelanggan-pelanggan lain yang minta dilayani duluan alias ngantre.

Sumber foto : mylifeasatu.wordpress.com

#3 Cireng Kamsia

Nah, biar lebih bervariasi dan kekinian, kamu bisa datang ke Cireng Kamsia di Jalan Padjadjaran, Bandung. Camilan ini adalah ketika cireng naik kelas. Dari yang biasanya dicocol dengan sambal kacang, di Cireng Kamsia kamu bisa mencicipi cireng ala bule yang dicampur dengan saus mayonnaise.

Cireng Kamsia punya berbagai varian untuk urusan toping dan isiannya. Ada cireng krauk, cireng ngambang, dan cireng lumer. Isiannya juga oke punya, ada ayam negeri, keju bule, hingga sosis rudal. Ditambah penyajiannya yang terbilang kekinian. Pokoknya ini cireng rasa bule!

Sumber foto : pegipegi.com

#4 Rujak Cireng Armor Kopi

Kalau mau ngemil cireng sedikit elit, kamu boleh mampir sekalian ngopi cantik di Armor Kopi, Dago Pakar. Soalnya, kedai kopi yang tersohor ini punya menu favorit yang dinamakan Rujak Cireng.

Biasanya cireng dicocol dengan bumbu kacang. Kalau di Armor Kopi, cireng dicocol dengan bumbu rujak yang manis-manis pedas. Seporsi cireng di sini bisa kamu makan beramai-ramai. Tenang saja, satu porsi cireng isinya luar biasa banyak.

Sumber foto : nativeindonesia.com

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600