web analytics
Ingin Mengamati Gerhana Bulan dari Bandung? Datangi Tempat-tempat Ini
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 31 Jan , 2018 | 11:15 WIB
Ingin Mengamati Gerhana Bulan dari Bandung? Datangi Tempat-tempat Ini
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Di penghujung Januari ini, warga Bumi menanti fenomena langit yang terbilang langka. Super blue blood moon yang datang berbarengan dengan gerhana bulan total bakal mewarnai langit malam Kota Bandung hari ini.

Di Bandung, proses gerhana bulan bakal dimulai sejak 17.50 WIB hingga berakhir pada pukul 23.10 WIB. Meski Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan bakal mengguyur Bandung malam ini, tapi siapa tahu? Tak ada salahnya mencoba jika kamu ingin mengamati fenomena alam langka itu. Kapan lagi?

Nah, sekarang ayobandung mau ngasih informasi tentang di mana saja kamu bisa mengamati proses gerhana bulan itu.

 

Imah Noong, Lembang

Imah Noong merupakan observatorium astronomi dan planetarium yang berada di kawasan Kampung Eduwisata Areng, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Kali ini, Imah Noong mengadakan sebuah gelaran “Spektakel Samagaha Gerhana Bulan Total”. Dalam gelaran ini, pengunjung bakal diberikan pemaparan mengenai gerhana bulan total, pengamatan gerhana, dan salat gerhana berjamaan. Selain itu, akan ada aksi pentas dari beberapa bocah warga lokal yang bakal menghiburmu sembari menikmati gerhana.

Gelaran ini bakal dimulai sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Sasana Budaya Ganesha, Bandung

Berbagai kegiatan mengenai gerhana bulan diadakan di gelaran bertajuk “Observasi Gerhana Bulan Total – Super Blue Blood Moon Adventure”. Kamu bisa mengenal dan mengamati gerhana bersama Pakar Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), Moedji Raharto.

Acara bakal dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Pengunjung dipersilakan untuk datang dengan berkontribusi sebesar Rp 20.000. Ingat, peserta terbatas!

Selain pengamatan gerhana, di sini juga bakal diputar film edukasi mengenai gerhana bulan. Tunggu apa lagi? Yuk, kita ke sana!

Lapangan Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Bandung

Kalau tempat ini jangan ditanya. LAPAN mengajak warga untuk melakukan pengamatan bersama-sama di kantornya di Jalan Dr. Djundjunan, Bandung.

Bakal ada dua teleskop yang disediakan. Teleskop pertama digunakan untuk merekam proses gerhana, sementara teleskop lainnya digunakan publik secara bergantian.

Bagi yang tertarik, pendaftaran dibuka sejak sore sebelum proses gerhana dimulai. Ini gratis untuk 50 pendaftar saja!

Rooftop kantor

Kalau ini namanya pengamatan seadanya. Sekadar menghabiskan malam bersama teman-teman kantor selepas jam kerja, boleh juga dicoba. Bawalah gitar dan ambil beberapa cangkir kopi hangat. Maka, nikmatilah bulan yang pelan-pelan tertutup. Tinggal berdoa, semoga malam ini cerah.

Jajaran kafe di kawasan Lembang dan Bandung Utara

Kenapa Lembang? Karena setidaknya kawasan yang berada di perbukitan itu tidak terlalu terpapar polusi cahaya. Yah, sedikit lebih mungkin daripada yang di kota.

Kamu bisa kunjungi beberapa kafe atau tempat nongkrong yang ada di sana bareng pacar tersayang. Mengamati bulan yang pelan-pelan meredup sama pacar itu romantis, lho.

Atap rumah

Pengamatan seadanya dari atap rumah khusus buat kamu yang jomblo dan galau. Pulanglah tepat waktu dari kantor. Sesampainya di rumah, beri salah untuk orangtuamu dan gantilah pakaianmu. Lantas, panjatlah atap rumahmu dan nikmati bulan yang pelan-pelan menghilang, seorang diri. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600