web analytics
Empat Manfaat Penting Yoga bagi Pria
pada Jan 29, 2018 | 06:47 WIB
Empat Manfaat Penting Yoga bagi Pria
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kebugaran bukan cuma berlatih di gym, tapi juga tentang zona nyaman tubuh. Ada beberapa alasan bagus mengapa pria harus mempertimbangkan aktivitas yoga untuk menyeimbangkan kebugarannya.

“Seluruh program kebugaran saya didasarkan pada pengerahan tenaga, mendorong tubuh dan pikiran,” ujar instruktur yoga di New York, Amerika, Brendan Rooney sebagaimana dilansir dari Men’s Health pada Senin (29/1/2018). “Saya membutuhkan sesuatu untuk menyeimbangkan kegiatan olahraga angkat beban.”

Lantas, apa saja manfaat yoga untuk pria?

 

# Memperbaiki kehidupan seks

Apakah kamu bermasalah dengan kehidupan seksmu? Tahukah kamu jika yoga bisa mengobati ejakulasi dini.

Peneliti dari India pernah membandingkan antara pria dengan masalah ejakulasi dini yang melakukan yoga dan yang diberikan pengobatan medis selama tiga bulan. Hasilnya, anggota kelompok yoga melaporkan adanya perbaikan waktu ejakulasi mereka.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine pada tahun 2011 menemukan bahwa pria yang melakukan yoga selama 12 pekan mengalami peningkatan fungsi seksual secara keseluruhan.

# Lebih produktif dalam kerja

Sebuah penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention terhadap 85.000 pekerja di Amerika Serikat menyebutkan jika intervensi yoga mampu meningkatkan produktivitas kerja. Yoga disebutkan mampu mengurangi rasa lelah pekerja. Selain itu, praktik yoga juga dapat meningkatkan mental pekerja yang kemudian membantu mereka mengatasi stres.

Terlebih, sebuah studi pada tahun 2013 terhadap 367 pekerja dari Belanda menemukan bahwa intervensi yoga selama enam bulan menyebabkan perasaaan lebih besar pada vitalistas di tempat kerja.

# Mengendalikan stres

Sebenarnya, dampak utama yoga adalah mengurangi stres. Sebuah studi yang diterbitkan di Immunology Journal menemukan bahwa mereka yang melakukan yoga mampu menekan aktivasi gen tertentu yang menyebabkan pengbengkakan sebagai respons umum terhadap stres.

Selain itu, yoga juga dikatakan efektif meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespons stres lebih efektif dengan mengurangi denyut jantung, tekanan darah, dan mengurangi pernapasan dalam situasi stres.

# Membuat tidur lebih teratur

Bagi kamu yang berjuang dengan insomnia, kamu bisa jadikan yoga sebagai salah satu metode penyembuhan gangguan tidurmu.

Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa peserta yang melakukan yoga dilaporkan memiliki gangguan tidur yang lebih sedikit. Peneliti mengatakan jika latihan fisik dan mental yang sederhana dalam yoga menyebabkan adanya peregangan dan relaksasi yang akhirnya membuat seseorang bisa tidur lebih nyenyak.

Source: Men's Health

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600