web analytics
Kenali Murmur Jantung dengan 9 Gejala Ini
pada 29 Jan , 2018 | 06:11 WIB
Kenali Murmur Jantung dengan 9 Gejala Ini
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jantung adalah salah satu organ vital tubuh manusia, bersama dengan hati, paru-paru, ginjal, dan otak. Kita harus memastikan organ vital kita tetap aman dan sehat. Soalnya, masalah kecil di organ vital bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah murmur jantung.

Murmur jantung adalah suatu kondisi di mana ada bunyi desah hadir bersamaan dengan detak jantung. Ini diakibatkan oleh aliran darah yang bergejolak di dekat jantung. Kondisi ini bisa merupakan bawaan lahir atau tidak, tapi hampir pasti dapat mempengaruhi seseorang tanpa memandang jenis kelaminnya.

Murmur jantung mungkin tidak menimbulkan komplikasi yang besar pada banyak orang. Namun, ini bisa menyebabkan penangkapan jantung. Jadi, ada baiknya jika kita mengetahui tanda-tanda murmur jantung di bawah ini :

 

# Kulit pucat

Bila seseorang menderita segala jenis penyakit jantung, aliran darah dari jantung bisa terganggu. Aliran darah yang terganggu bisa menyebabkan rona pucat, terutama di bagian bibir, jari kaki, dan ujung jari.

Jadi, jika kamu melihat warna pucat di kulitmu, maka ada baiknya kamu melakukan pengecekan ke rumah sakit.

# Sesak napas

Adalah normal jika kamu mengalami sesak napas setelah melakukan aktivitas fisik berat. Namun, kalau kamu mengalaminya setiap saat, maka itu bisa jadi tanda murmur jantung. Soalnya, katup jantung, yang mengedarkan darah ke organ lainnya, menjadi sempit dan terbatas karena penyakit ini, yang akhirnya menyebabkan sesak napas.

# Anemia

Jantung yang tak mampu memompa darah ke seluruh tubuh bisa menyebabkan anemia. Anemia adalah kekurangan zat besi dalam darah, yang bisa menyebabkan kelemahan dan masalah kesehatan.

# Nyeri dada

Nyeri dada adalah salah satu gejala dari murmur jantung. Namun, banyak orang menduga jika nyeri dada berkaitan dengan rasa stres. Memang betul. Tapi yang harus diingat, nyeri dada konstan bisa jadi tanda dari murmur jantung yang menyempitkan katup jantung.

# Kembung

Kembung perut biasanya berhubungan dengan gangguan pencernaan. Namun, kembung juga disebut-sebut sebagai salah satu gejala mumur jantung karena aliran darah yang bergejolak ke katup jantung menyebabkan penumpukan kelebihan cairan dan gas di daerah perut.

# Masalah tiroid

Tiroid adalah kelenjar di tubuh manusia yang menghasilkan sejumlah hormon yang dibutuhkan untuk tubuh. Aliran darah yang bergejolak dari jantung ke kelenjar tiroid dapat menyebabkan produksi hormon tiroid terganggu dan menyebabkan sejumlah penyakit terkait tiroid.

# Infeksi jantung

Jika ada infeksi pada atau di sekitar dinding jantungmu, maka itulah saatnya kamu melakukan pemeriksaan jantung rutin. Itu juga bisa menunjukkan adanya murmur jantung, karena aliran darah yang bergejolak ke dinding jantung bisa menyebabkan infeksi di daerah tersebut.

# Mudah pusing

Mudah saja mengatakan pusing diakibatkan oleh tubuh yang kelelahan. Namun, pusing juga disebut sebagai salah satu gejala “sunyi” murmur jantung. Aliran darah tidak normal dari jantung ke otak sering menyebabkan rasa pusing di kepala.

# Kehilangan nafsu makan

Biasanya, penyakit ringan seperti flu paling jago mengurangi nafsu makan. Tapi, tahukan kamu jika murmur jantung juga bisa mempengaruhi nafsu makan? Kalau kamu mendadak kehilangan nafsu makan tapi badanmu sedang tak diserang flu, lakukanlah pengecekan ke rumah sakit.

Source: Boldsky

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600