web analytics
Selain Dolores, Ini Vokalis Perempuan Band Rock Dunia yang Ikonik
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Jan 16, 2018 | 12:43 WIB
Selain Dolores, Ini Vokalis Perempuan Band Rock Dunia yang Ikonik
Dolores O'Riordan (Pinterest)

AYOBANDUNG.COM – Ketika Kim Gordon bersama Sonic Youth pertama kali mengunjungi Inggris, banyak wartawan menanyainya, “Bagaimana rasanya menjadi seorang perempuan di band rock?” Saat itu, bassis band asal Amerika Serikat ini menjawab jika dirinya tak pernah betul-betul memikirkannya.

Kim, dalam catatannya di buku Girl in a Band, menulis jika pilihannya untuk berada di antara para lelaki dalam sebuah band adalah bentuk kontribusinya pada dialog budaya yang lebih besar. Toh, keikutsertaannya tak merugikan. Kehadirannya justri menjadi krusial buat pembentukan karakter Sonic Youth.

Di dunia, sejumlah band rock papan atas digawangi oleh seorang personil perempuan. Tak sedikit dari mereka yang berhasil menarik perhatian khalayak dengan pesonanya. Mulai dari kualitas dan ciri khas bermusik, hingga penampilannya yang konstan mencitrakan dirinya. Dolores O’Riordan adalah salah satunya.

Tak bisa disangkal lagi jika apa yang membuat The Cranberries begitu kesohor salah satunya adalah sosok Dolores yang begitu khas. Suaranya yang sedikit serak, penuh emosi, tapi manis. Ditambah lipstik tebal berkelir gelap selalu mewarnai aksi panggungnya.

Tapi kini Dolores telah meninggal. Artinya, kita kehilangan salah satu sosok perempuan keren dalam band rock dunia.

Di luar Dolores dan Kim, sejumlah band rock dunia “memasang” sosok perempuan keren sebagai leader-nya. Beberapa di antara mereka justru namanya lebih menjulang dibanding personil-personil lain yang notabene adalah pria.

 

# Dolores O’Riordan

Ini tak perlu disangkal lagi, bukan? Nama The Cranberries selalu identik dengan sosok Dolores. Ia selalu tampil eksplosif dalam setiap panggungnya, yang kemudian ia keluarkan melalui suaranya yang penuh emosi.

Belum lagi tampilannya yang selalu hadir dengan rambut pendek, mata tebal dan gelap. Itu jadi ciri khas Dolores.

Dia juga berperan dalam penulisan lagu “Zombie” yang jadi dikenal sebagai lagu yang menyuarakan anti-perang.

# Kim Gordon

Ini dia perempuan keren yang jago membetot bass bareng Sonic Youth. Di band asal Amerika Serikat itu, ia juga bernyanyi bareng mantan suaminya Thurston Moore. Posisi Kim sebagai bassis sekaligus vokalis itu sangat krusial bagi pembentukan karakter band nyeni asal Amerika Serikat itu.

# Courney Love

Nama Courtney Love ini sebenarnya terangkat karena ia adalah istri dari musisi legendaris, Kurt Cobain. Tapi, Courtney juga punya band rock bernama Hole yang didirikannya pada tahun 1989. Band ini juga kemudian mendapatkan berbagai nominasi untuk penghargaan bergengsi dunia musik seperti Grammy Award.

Sosok Courtney ini sebenarnya cukup kontroversial. Mulai berprofesi sebagai penari telanjang, kecanduan heroin, dan sebagainya. Banyak orang yang tak menyukainya. Kendati demikian, Courtney tetap salah satu sosok perempuan keren dalam dunia musik.

# Gwen Stefani

Di balik solo kariernya, Gwen Stefani memulai keikutsertaannya di dunia musik dengan menjadi vokalis band ska punk, No Doubt. Nomor lagu seperti “Don’t Speak” jadi andalan. Gwen dengan karakternya menjadikan lagu ini trademark dalam dunia musik rock tahun 1990an.

# Shirley Manson

Shirley Manson adalah vokalis dari Garbage. Sosoknya begitu mencolok di antara personil lainnya. Kulitnya putih bukan main, rambut merah menyala.

Namun, Shirley disebut oleh Billboard sebagai salah satu agitator rock paling keras dan paling terang-terangan. Dia juga menjadi inspirasi bagi generasi alternatif setelahnya seperti Lana Del Rey dan Amy Lee dari Evanescence.

Album studio keenam Garbage, Strange Little Birds) menjadi eksplorasi karier panjang Manson tentang keraguan diri.

# Karen ‘O

Perempuan paling hits dan hype adalah Karen O. Penampilan panggungnya bersama Yeah Yeah Yeahs selalu bukan main. Ia bisa meloncat kesana kemari dengan gayanya yang nakal tapi menggemaskan. Gayanya juga banyak ditiru vokalis-vokalis perempuan lain, termasuk di Indonesia. Tapi, justru itulah yang bikin Karen O begitu ikonik.

# Debbie Hary

Mari kita sebut perempuan ini sebagai ratu. Suaranya yang seksi mewarnai musik-musik bertempo disko yang sensual. Bersama sosok seperti Patti Smith, Tom Verlaine, dan Richard Hell, ia melanjutkan revolusi rock yang telah ada sebelumnya.

# Janis Joplin

Sosok musisi perempuan yang satu ini tak pernah terganti sepanjang massa. Ia selalu meramu musik pop, country, dan folk untuk Big Brother and The Holding Company. Bahkan, pada tahun 2004, Rolling Stone menempatkan Janis Joplin sebagai urutan ke-46 dalam daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600