web analytics
Lagi, Momen Reformasi Saudi : Perempuan Menonton Sepak Bola di Stadion
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 13 Jan , 2018 | 10:35 WIB
Lagi, Momen Reformasi Saudi : Perempuan Menonton Sepak Bola di Stadion
Ilustrasi -- Perempuan Arab Saudi (REUTERS)

AYOBANDUNG.COM – Sejarah perempuan dalam dunia sepak bola di Arab Saudi baru saja dicatat. Untuk pertama kalinya, perempuan Saudi, diperbolehkan menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion.

Perempuan penggemar sepak bola, yang mengenakan syal dan membawa bendera klub sepak bola kesukaan, berebut tempat duduk mereka di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi. Mereka ingin menonton pertandingan antara Al-Ahli dan Al-Bathin di Liga Saudi. Namun, para perempuan ini kudu masuk melalui pintu putar yang ditujukan bagi perempuan dan keluarga.

Melansir theguardian, Lamnya Khaled Nasser (32) bangga dan begitu menanti pertandingan tersebut. “Acara ini membuktikan bahwa kita menuju masa depan yang sejahtera. Saya bangga menjadi saksi perubahan besar ini,” ujar perempuan asal Jeddah itu.

Perempuan Jeddah lainnya, Ruwayda Ali Qassem mengatakan jika hari Jumat (waktu setempat) adalah hari bersejarah. Momen itu bergerak menuju puncak dari perubahan yang tengah berlangsung di Arab Saudi. “Saya bangga dan sangat bahagia untuk perkembangan ini,” katanya.

Pekan lalu, pemerintah Arab Saudi mengatakan jika perempuan akan diizinkan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola kedua pada Sabtu dan Kamis ketiga berikutnya. Lapangan sepak bola itu akan disiapkan menjadi stadion ramah perempuan pada awal musim berikutnya, termasuk di antaranya pengadaan kafe dan ruang salat terpisah.

Al-Ittihad, salah satu klub sepak bola Arab Saudi, dijadwalkan merumput dalam pertandingan di hari Sabtu. Dalam rangka menyambut pertandingan bersejarah itu, akun Twitter Al-Ittihad ofisial menampilkan wajah perempuan yang dipulas emas, seperti warna klub.

"Penggemar Ittihad, pria dan wanita, adalah pendukung klub ini, dan kesuksesan tidak lengkap tanpa mereka yang datang bersama untuk melayani entitas bersejarah ini," tulis Al-Ittihad dalam cuitannya.

Langkah untuk membuka stadion untuk kaum hawa ini diumumkan pertama kali pada Oktober lalu. 

Source: The Guardian

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600