web analytics
Tak Biasa, Salju Tebal Selimuti Gurun Sahara
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 10 Jan , 2018 | 12:44 WIB
Tak Biasa, Salju Tebal Selimuti Gurun Sahara
Ilustrasi -- Salju yang jatuh di Gurun Sahara. (REUTERS)

AYOBANDUNG.COM – Ini bukan sihir, apalagi sulap. Salju telah jatuh di Gurun Sahara, salah satu wilayah terkering di dunia. Lapisan salju setinggi 40 sentimeter itu menutupi bukit-bukit pasir di wilayah pemilik curah hujan yang sangat rendah.

Awalnya, salju mulai jatuh di Ain Sefra, Aljazair pada Minggu dini hari waktu setempat. Saat itu, Ain Sefra tengah dilanda badai musim dingin yang aneh. Ini menandakan bahwa pemanasan global semakin meningkat dan pelan-pelan membuat es meleleh.

Ini adalah ketiga kalinya selama empat dekade terakhir salju turun di wilayah yang dikenal sebagai pintu gerbang menuju gurun.

Pada tahun 1979, badai salju yang berlangsung setengah jam menghentikan lalu lintas di kawasan tersebut. Dua tahun lalu, salju menetap selama satu hari. Lalu, satu tahun yang lalu, Ain Sefra kembali mengalami hal yang sama.

Salju di Gurun Sahara adalah hal yang tidak biasa. Begitu ujar Juru Bicara Met Office – lembaga meteorologi Inggris – kepada The Independent.

“Sepertinya gambar salju diambil di wilayah yang lebih tinggi di bagian utara wilayah ini, menuju wilayah Atlas. Jadi tidak mengherankan jika daerah itu akan melihat salju jika kondisinya benar,” ujarnya.

Source: The Independent

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600