web analytics
10 Tanda yang Membaca Mara Bahaya dalam Tubuh
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 03 Jan , 2018 | 15:09 WIB
10 Tanda yang Membaca Mara Bahaya dalam Tubuh
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM – Tubuh manusia itu sangat kompleks. Serumit pikiranmu ketika putus cinta.

Bayangkan, organ tubuh berfungsi terus menerus ke otak yang tak pernah benar-benar tertidur. Setiap sistem dalam tubuh saling terkait satu sama lain.

Saking kompleksnya, kadang kita enggak sadar kalau ada apa-apa sama tubuh kita. Dampak dari kesalahan pada tubuh malah dirasakan di tempat yang terlampau jauh dari asal permasalahan.

Biar enggak telat tanggap, berikut ayobandung kasih tahu beberapa cara yang bisa bikin kamu sadar kalau ada sesuatu yang buruk dalam tubuhmu.

 

#1 Ruam gatal dan pembengkakan di banyak tempat

Sebagian besar alergi kulit terbatas pada area yang memungkinkan adanya kontak fisik dengan sesuatu. Tapi kalau kamu suka ngerasa adanya ruam gatal dan pembengkakan di bagian kelipatan tubuh, mending langsung datang ke dokter, deh. Soalnya itu bisa jadi salah satu pertanda masalah sistemik.

# Kehilangan selera makan

Kehilangan nafsu makan bisa jadi tanda klasik dari kebanyakan penyakit. Tapi ingat, ini adalah kondisi kehilangan selera makan yang murni tanpa adanya dorongan obat-obatan diet yang menurunkan keinginan untuk makan.

Kalau kamu sering ngerasa nafsu makanmu rendah dan terus berlanjut selama berminggu-minggu, bisa jadi itu pertanda dari kanker stadium akhir, lho. Mengerikan, kan? Mending sering-sering sadar diri, deh.

# Gangguan kandung kemih dan buang air besar terganggu

Sering beser dan bulak-balik kamar mandi? Adanya peningkatan kunjungan kamar mandi secara tiba-tiba bisa jadi tanda kalau ada yang enggak beres dalam tubuhmu.

Misalnya saja ya, peningkatan frekuensi buang air kecil yang jadi pertanda banyak kondisi, termasuk diabetes.

# Tremor dan mimpi yang aneh

Kalau kamu sering ngerasa tanganmu bergetar kaya orang tegang padahal kamu lagi enggak sama sekali mau menggandeng gebetan, atau sering mendapati leher meregang, bisa jadi itu pertanda Parkinson. Silakan kunjungi ahli saraf dan periksakan diri.

# Suasana hati mudah berubah

Wajar kalau perempuan ngalamin perubahan suasana hati sebelum haid. Tapi kalau gejala itu sering muncul ujuk-ujuk, artinya ada yang enggak beres dalam sistem tubuh.

Sedikit info aja, seseorang yang menderita pheochromocytoma alias tumor di kelenjar adrenal biasanya punya tingkat adrenalin dalam darah mereka yang konstan, yang menyebabkan palpitasi jantung, dan agresivitas.

# Mendengkur keras di malam hari

Orang yang mendengkur saat tidur disebut penderita sleep apnea, di mana jalan napas mereka terhambat saat tidur. Hal itu terjadi karena beberapa masalah struktural pada saluran pernapasan.

Cobalah tidur dengan benar agar jalan napas bisa terbuka. Tapi jika masalah terus berlanjut, maka kamu perlu mengunjungi dokter.

# Mengetuk-ngetuk gigi di malam hari

Mengetuk-ngetuk gigi secara tidak sadar di malam hari disebut juga sebagai bruxism. Penyakit itu biasanya dideteksi oleh mereka yang tidur di samping orang yang punya kebiasaan itu.

Kondisi ini disebabkan oleh stres dan biasanya hilang begitu stressor dikeluarkan. Tapi lain kali, rahangmu bakal terbiasa dengan gerakan ini meski kamu tak merasa stres. Perlu ada peralatan tertentu yang bisa menghentikan kebiasaan ini.

# Darah dalam cairan tubuh

Kalau kamu menemukan darah dalam dahak, urin, air susu, atau kotoranmu, segera kunjungi dokter. Soalnya kehadiran darah dalam cairan tubuh jadi pertanda besar marabahaya dalam tubuh.

# Asam lambung setelah makan

Kalau kamu sering merasa asam lambungmu meningkat setelah makan, maka bisa jadi kamu menderita penyakit yang disebut GERD (gastroesophageal reflux disease).

Penyebab paling umumnya adalah konsumsi makanan pedas dan gorengan, atau terkadang disebabkan oleh sesuatu yang sangat berbeda. Kalau kamu menderita ini, silakan kunjungi pihak medis.

# Warna kuning di mata, kulit, dan lidah

Menguningnya mata, lidah, kulit, dan telapak tangan bisa jadi pertanda penyakit kuning yang disebabkan oleh kerusakan hati. Jadi, kalau kamu amati itu, segera lakukan medical check up sebelum masalahnya memburuk.

Source: Boldsky

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600