web analytics
Mampir ke Mie Ayam Toye yang Legendaris
pada Jan 02, 2018 | 15:01 WIB
Mampir ke Mie Ayam Toye yang Legendaris
Seporsi mie ayam toye di Kabupaten Majalengka. (Job/Tezar Pangestu)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM – Kalau kamu berkunjung ke Kabupaten Majalengka, enggak ada salahnya berkunjung dan mencicipi sajian mie ayam legendaris di kota ini. Mie Ayam Toye, namanya.

Selama 28 tahun sudah Mie Ayam Toye ini berdiri. Pak Dayat, si empunya, telah berjualan sejak tahun 1989. “Awalnya saya jualan keliling sekitar lima tahunan. Terus tahun 1994, saya mangka di sini,” kata Dayat (54) di Warung Mie Ayam Toye, Jalan Suha, Majalengka kepada ayobandung.

Popularitas Mie Ayam Toye ini memang tak perlu diragukan lagi. Bayangkan, dalam setiap harinya saja, Dayat bisa menjual 150-200 mangkuk. Bahkan pada saat tertentu, bisa 600 mangkuk yang terjual. “Kalau weekend bisa 200 mangkuk, tapi kalau libur seperti Lebaran bisa 600 mangkuk,” katanya.

Bukan cuma warga Majalengka saja yang bertandang ke Warung Mie Ayam Toye, tapi juga warga dari luar. “Kalau hari libur kebanyakan tamu (dari luar), kelihatan dari plat nomornya, B,” kata Dayat.

Cita Rasa Khas Masih Dipertahankan

Apa yang bikin Mie Ayam Toye ini berbeda dari yang lain adalah pada campuran bumbu ayamnya. Ada juga irisan wortel, juga adonan cakwe homemade yang dipotong kecil-kecil berbentuk kotak. Dan minyak jadi senjata utama Dayat menjual mie ayam idola warga ini.

“Sebenarnya senjata utamanya ada di minyak. Bahan-bahannya ada takaran khusus, jadi harus bikin sendiri. Kalau kalau beda tangan, hasilnya akan beda,” kata Dayat.

Karena rasa yang khas masih dipertahankan maka tak heran banyak pembeli mie ayam ini merupakan pelanggan lama. Tak main-main, pelanggan lama yang kini telah berpindah ke Kalimantan saja selalu menyempatkan diri berkunjung ke Mie Ayam Toye saat tengah pulang kampung.

Salah seorang pengunjung, Fitri (23), mengaku sudah lama kenal dengan Mie Ayam Toye. Ia mengaku selalu makan di tempat ini sejak dirinya masih duduk di bangku SMP. “Mie ayamnya enak. Terus saya suka makan di sini dari SMP sampai sekarang saya kerja,” katanya.

Kamu bisa menemukan Mie Ayam Toye di Jalan Suha, Kecamatan Majalengka Wetan, Kabupaten Majalengka sejak pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

(Job/Tezar Pangestu)

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600