Yamaha NMax

Masuk Musim Hujan, Ini Imbauan Ridwan Kamil

  Jumat, 09 November 2018   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan bencana banjir dan longsor di musim penghujan.

"Saya mengimbau lewat media, tolong waspada musim hujan sudah turun. Awasi bencana di perkotaan yang sifatnya cileuncang dan non-perkotaan yang sifatnya banjir bandang," jelasnya ketika ditemui selepas Sidang Paripurna DPRD Jabar, Jumat (9/11/2018). 

Dia meminta perangkat pemerintahan daerah untuk menyiapkan rencana tindak lanjut terkait kemungkinan adanya bencana musim hujan di daerah masing-masing. 

"Mohon kepala desa, RT-RW, lurah, dan camat untuk menyiapkan contingency plan (rencana cadangan), bantuan, dan rencana-rencana tindak lanjut," ungkapnya.

AYO BACA : Banjir Terjang Bandung Selatan, Ini Daerah yang Sudah Terendam

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, kesiapsiagaan bencana penting untuk dilakukan mengingat Jabar salah satu kawasan rawan bencana di Indonesia.

"Jabar itu secara natural (memiliki) 60% bencana hidrologis di Indonesia, ada atau tidak ada manusia. Itu terjadi menurut kondisi geografisnya, itu sudah takdir," ungkapnya. 

Guna mengantisipasi hal tersebut, pihak Pemprov Jabar saat ini juga tengah merancang cetak biru West Java Resilience Culture. 

"Masterplan resilience ini ujung-ujungnya akan mengedukasi masyarakat agar paham, Anda tinggal di mana, potensi bencananya apa, maka berisasatlah menghadapi hal-hal yang mungkin akan menjadi rutin," jelasnya.

AYO BACA : Bupati Bandung Minta Warga Waspadai Banjir Bandang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar