Yamaha NMax

Ini Catatan Rukman D Saputra soal Kans Persib Juara liga 1

  Jumat, 09 November 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
pemain Persib (ayobandung.com)

AYO BACA : Membandingkan Lima Laga Sisa antara Persib dengan PSM Makassar, Siapa Akan Juara?

BANDUNG KULON, AYOBANDUNG.COM--Persib Bandung masih dalam jalur perebutan juara Liga 1 2018. Untuk memenangkan trofi kampiun Liga 1, Persib Bandung harus meraih poin penuh di lima laga sisa. Begitu pun kala Pangeran Biru menjamu PSMS Medan dalam laga pekan 30 Go-Jek Liga 1 2018, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (9/11/2018) sore.

Dalam perjalanannya itu, mantan pemain Persib era 60-an, Rukman Darma Saputra, menitipkan beberapa catatan.

Skuat Maung Bandung, kata Rukman, jangan dobel konsentrasi. Dia meminta pemain untuk disiplin dan fokus terhadap laga.

"Kans untuk menang besar. Asal jangan over konsentrasi atau dobel konsentrasi. Kadang-kadang karena terlalu ingin menang akhirnya  gimana gitu (terlalu berambisi). Jadi kita biasa-biasa saja. konsentrasi, fokus, dan disiplin iya harus, tapi jangan over. Apalagi saya yakin Persib itu tim yang besar," ungkap Rukman kepada Ayobandung.com, Jumat (9/11/2018).

Selain itu, dengan materi pemain yang garang dan jempolan, lanjut Rukman, Persib bisa meraih juara. Tinggal seberapa tenang dan disiplinnya pemain di setiap pertandingan.

"Kalau saya lihat materi pemain Persib saat ini yang terbaik di Indonesia. Siapa pun orangnya, pemain-pemian itu yang terbaik di Indonesia. Hanya tinggal faktor ketenangan, jangan terbawa arus emosi," sambungnya.

Terlebih dalam sebuah pertandingan, Rukman mencontohkan, selain jegalan dari tim lawan, keputusan wasit yang terkadang dirasa tidak tepat pun kerap menyulut emosi. Kondisi tersebut kerap menurunkan fokus pemain. Tak jarang beragam tekanan tersebut berdampak pada performa pemain.

"Jangan terbawa arus. Kadang selain ditekan lawan kita juga memang ditekan oleh keputusan wasit. Lawan juga kadang mancing-mancing menyulut emosi. Nah, itu, jangan sampai terbawa arus lah. Kita mah fokus saja, agar kita harus menang. Tapi jangan kelebihan, jangan terlalu ingin menang tapi tahu-tahu lupa akan pertahanan," tandasnya.

Persib Bandung kini berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 2018. Persib Bandung terpaut empat poin dari pimpinan klasemen sementara, PSM Makassar dengan perolehan poin 53.

AYO BACA : Persib Diminta Jangan Lengah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar