Yamaha NMax

Membandingkan Lima Laga Sisa antara Persib dengan PSM Makassar, Siapa Akan Juara?

  Jumat, 09 November 2018   Andres Fatubun
Persib Bandung dan PSM Makassar berburu juara Liga 1 Indonesia. (Attia/ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Perjalanan Liga 1 Indonesia tinggal menyisakan lima laga. Berdasarkan jadwal pertandingan, maka laga terakhir akan dimainkan pada Minggu, 9 Desember 2018.

Dalam daftar klasemen, PSM Makassar untuk sementara memimpin dengan mengemas 53 poin dari 29 pertandingan. Di urutan lima besar selanjutnya adalah Persib (49), Persija (48), Bali United (45), dan Bhayangkara (43).

Persib yang sebelumnya bercokol sebagai pemimpin klasemen, kehilangan banyak poin dalam enam pertandingan terakhir. Sejak mengalahkan Persija 3-2 pada 23 September 2018 yang berujung tewasnya seorang pendukung tim tamu, Persib seperti "terjun bebas".

Dalam enam laga itu, dari 18 poin maksimal, Maung Bandung hanya meraup lima poin saja. Persib kalah dari Madura United, Persebaya, dan PSM Makkasar. Lima poin tambahan diperoleh dari hasil imbang melawan Persipura dan Bali United, serta kemenangan atas Bhayangkara pekan lalu.

Kondisi tersebut "dimanfaatkan" oleh PSM yang berhasil menyalip Persib. Dalam enam laga terakhir, pasukan Juku Eja mendapatkan lima kemenangan dan satu kali kalah. Dengan tambahan 15 poin, PSM berhasil mengambil alih pimpinan klasemen.

Kini juara Liga 1 akan ditentukan hingga laga pamungkas. Persija, Bali United, dan Bhayangkara masih berpeluang menyeruak ke papan atas, namun PSM dan Persib yang paling berpeluang.

AYO BACA : Data dan Fakta 30 Kecamatan di Kota Bandung

Jika melihat perbandingan lima laga tersisa antara PSM dan Persib, Maung Bandung lebih beruntung karena akan menghadapi lawan-lawan yang relatif lebih lemah. 

Lima laga sisa Persib

Jumat (9/11), Persib vs PSMS
Minggu (18/11), PSIS vs Persib
Jumat (23/11), Persib vs Perseru
Sabtu (1/12), Persela vs Persib
Minggu (9/12), Persib vs Barito.

Kerugian Persib adalah lima sisa laga digelar sebagai pertandingan usiran. Sejak mendapatkan sanksi laga usiran dari Komisi Disiplin PSSI, Persib hanya menang sekali dari enam laga.

Sedangkan PSM harus menjalani pertandingan yang lebih berat. Dari lima laga sisa, tiga di antaranya PSM akan berhadapan dengan tim yang masuk urutan lima besar. Di sisi lain, keuntungan adalah PSM mendapatkan tiga kali laga kandang. 

Lima laga sisa PSM

Sabtu (10/11), Persebaya vs PSM Makassar
Jumat (16/11), PSM Makassar vs Persija Jakarta
Minggu (25/11), PSM Makassar vs Bali United
Senin (3/12), Bhayangkara vs PSM Makassar
Minggu (9/12), PSM Makassar vs PSMS

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar