Yamaha NMax

Asa Bobotoh di Lima Laga Terakhir Persib

  Kamis, 08 November 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pemain Persib saat merayakan gol di GBLA. (Irfan Al-Faritsi/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Di klasemen sementara Liga 1 Indonesia, Persib Bandung berada di posisi kedua. Persib terpaut empat poin dari pimpinan klasemen sementara, PSM Makassar.

Meski peluang Persib juara masih ada, namun hal itu tidak mudah. Masalahnya, Pangeran Biru belum pernah menang secara beruntun lebih dari tiga laga. Persib hanya pernah menang tiga kali secara beruntun dalam dua kesempatan, yaitu pada 26 Juli hingga 4 Agustus.

Kala itu Persib mengalahkan Persebaya Surabaya 4-3, PS TIRA 3-2, dan Sriwijaya FC 2-0. Setelah itu, Persib takluk 0-1 saat melawan Mitra Kukar.

Selepas kekalahan tersebut, Persib Bandung kembali meraih tiga kemenangan beruntun. Maung Bandung menang atas Arema 2-0 di kandang, menang 1-0 ketika melawat ke kandang Borneo FC, dan mengandaskan Persija Jakarta dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Kini Persib menghadapi tantangan berat untuk menyapu lima laga tersisa dengan kemenangan. Misi tersebut akan dimulai saat menghadapi PSMS Medan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (9/11/2018).

Menatap kans Persib menjadi juara, bobotoh tak lupa menyampaikan doa dan dukungannya. Mereka berharap Maung Bandung pantang menyerah dan memperbaiki diri dari pertandingan ke pertandingan.

Harapan itu muncul dari seorang bobotoh, Jujun Junaedi. Menurutnya, Persib harus tampil konsisten meski tidak disaksikan langsung oleh bobotoh.

"Jelas, harapan kami Persib bisa di peringkat atas dan mempertahankan tren positif. Harapan kami tetap, Persib harus juara. Meskipun tanpa penonton dalam semua laganya, mereka tetap semangat dan membawa Persib juara," tegas Jujun, yang menjabat Ketua Umum Viking Bali, kepada Ayobandung.com, Kamis (8/11/2018).

AYO BACA : Koreo Persib Buatan Bobotoh Tasik jadi Sorotan Internasional

Ia menambahkan, trofi Liga 1 akan membungkam mulut-mulut yang selama ini tidak rela Persib menjadi juara. 

Bobotoh lainnya, Rully Ryana, memiliki harapan yang sama. Ia menginginkan Pangeran Biru bisa "gaspol" mengejar juara.

"Terus berjuang untuk menjalani dan menatap laga ke depan. Pemain juga tetap fokus karena bobotoh akan selalu mendukung. Jangan sampai hilang fokus. Saat kita kena musibah, kita harus terus bersama dan enggak ciut," tambah kreator koreo 3D Persib asal Kota Kembang ini. 

Senada dengan dua rekannya, Guruh Saputra, menyebut meski Pangeran Biru didera beragam hukuman, ia menyakini tim kesayangannya itu adalah yang terbaik. 

"Walaupun banyak tekanan, Insyaallah doa bobotoh pasti yang terbaik untuk Persib. Ke depannya, bobotoh juga bisa lebih dewasa, jangan sampai berbuat hal yang bisa merugikan Persib. Petik pelajaran dari peristiwa yang tak menyenangkan itu," ujar Guruh, bobotoh asal Cipendeuy.

Sosok bobotoh penggagas Simba Persib, Alan Suherlan pun menyuarakan dukungannya. Sebagai sosok maskot yang kerap hadir di laga kandang Persib, Alan meminta Persib menatap sisa laga dengan optimistis dan fokus.

"Harapan kita Persib terus bangkit memenangkan semua pertandingan di laga sisa. Tidak usah banyak pikiran untuk pemainnya. Kami bobotoh selalu mendukung di belakang. Intinya mah bekerja keras di lapangan. Insyaallah doa kami Persib menang dan naik lagi ke puncak (klasemen)," katanya.

Persib akan memainkan lima tersisa, dengan jadwal sebagai berikut: dua laga tandang di Pulau Jawa kontra PSIS Semarang (pekan 31) dan Persela Lamongan (pekan 33). Sementara tiga laga kandang kontra PSMS Medan (pekan 30), Perseru Serui (pekan 32), dan Barito Putera (pekan 34).

AYO BACA : Jelang Malam Jumat, Bobotoh Tampilan Koreo Pennywise

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar