Yamaha NMax

Evakuasi Puing dan Korban Lion Air Diperpanjang 3 Hari Lagi

  Rabu, 07 November 2018   Arditya Pramono
Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi dalam konferensi pers di Posko Terpadu JITC Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (7/11/2018). (Istimewa)

JAKARTA,AYOBANDUNG.COM--Operasi pencarian puing pesawat dan korban kecelakaan Pesawat Lion Air PK-LPQ JT-610 kembali diperpanjang selama tiga hari.

Diketahui sebelumnya, waktu pencarian telah ditambah tiga hari sejak hari ketujuh pencarian pada Minggu (4/11/2018). Dengan penambahan tiga hari lagi, maka Operasi SAR pencarian puing dan korban kecelakaan Pesawat Lion Air akan selesai pada Sabtu (10/11/2018).

AYO BACA : Lion Air Jatuh: 44 Jenazah Penumpang Lion Air Sudah Diidentifikasi

Kepala Basarnas Marsdya TNI M Syaugi selaku SAR Coordinator (SC) menjelaskan, keputusan memperpanjang pencarian sebanyak tiga hari lagi diambil dari evaluasi dan masukan di lapangan.

"Operasi SAR kami perpanjang tiga hari lagi, khusus untuk tim Basarnas," jelasnya saat konferensi pers di Posko Terpadu JITC Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (7/11/2018).

AYO BACA : Kabasarnas: Bodi Besar Pesawat Lion Air PK-LQP Belum Ditemukan

Syaugi menjelaskan, untuk Tim SAR lainya seperti dari unsur TNI-Polri, Kementerian Perhubungan, KPLP, KSOP, Bea Cukai, Bakamla, KKP, Pertamina, dan lainnya akan kembali ke kesatuannya masing-masing untuk menunaikan tugas lainnya.

"Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan serta apresiasi yang tinggi atas sinegitas, dedikasi, dan kerjasama yang solid di lapangan, sehingga sampai hari ini kita dapat mengevakuasi 186 kantong jenazah korban," ucapnya.

Syaugi merinci kekuatan Tim SAR Basarnas yang berjumlah 220 personel termasuk di antaranya 60 penyelam yang diperkuat dengan empat kapal, empat RIB, dan lima LCR (perahu karet) sudah cukup untuk operasi SAR selama tiga hari ke depan.

"Operasi ini sudah berlangsung 10 hari, dan tren dari hasil penyisiran di permukaan maupun di dasar laut sudah menurun. Karena itu, kekuatan yang dimiliki Basarnas, saya rasa sudah cukup untuk kembali meneruskan pencarian sampai 3 hari ke depan," katanya.

AYO BACA : Bareskrim Kejar Pembuat Konten Hoaks Penculikan dan Pesawat Lion Air

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar