Yamaha NMax

Fakta Tentang Black Box Berwarna Jingga

  Selasa, 30 Oktober 2018   Andres Fatubun
Fakta tentang black box. (Tia/ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Dalam peristiwa kecelakaan pesawat, black box atau Flight Data Recorder (FDR) sangat berperan untuk mengungkap musabab kecelakaan. Black box tersebut ditempatkan di bagian ekor pesawat karena dinilai bagian yang paling aman.

Black box ditemukan oleh David Warren dari Aeronautical Research Laboratories di Melbourne pada tahun 1953. Kotak hitam tersebut dibuat untuk merekam semua data penerbangan, komunikasi pilot, dan suara-suara saat pesawat terbang. 

Meski namanya black box, namun alat "sakral" dalam dunia penerbangan tersebut berwarna jingga. Warna tersebut digunakan untuk memudahkan pencarian.

AYO BACA : Tidak Ada Tempat Duduk Paling Aman Dalam Pesawat

Black box dilindungi oleh lapisan luar yang terbuat dari besi dan lapisan isolasi yang membuat komponen di dalamnya terlindungi dari  goncangan, tekanan, api, air, cuaca dingin, dan kondisi sekitar yang ekstrem.

Black box merekam sejumlah data penerbangan antara lain ketinggian, kecepatan, arah, kondisi pesawat, waktu, tekanan ketinggian, kecepatan udara, akselerasi vertikal, posisi roda kemudi, stabilisator horisontal, dan aliran bahan bakar.

Peralatan lainnya dalam black box adalah Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merekam suara transmisi radio dan suara di cockpit seperti komunikasi pilot dengan awak kabin atau petugas di air traffic controller atau suara pesawat.

Negara pertama yang mewajibkan penggunaan black box adalah Australia tahun 1960.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar