Yamaha Lexi

Pemprov Jabar Bakal Bentuk Forum Kopi Nasional

  Jumat, 12 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membuat Forum Kopi Nasional. Hal tersebut diharapkan menjadi wadah komunikasi agar komoditi kopi bisa terus berkembang.

AYO BACA : Ridwan Kamil Minta Pemuda Jadi Mitra Pembangunan Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut saat ini, komoditas kopi merupakan komoditas yang paling dicari. Bahkan kopi Jabar dikenal paling kompetitif dari segi komoditas maupun tolok ukur kualitas di pasaran.

AYO BACA : Ayo Berakhir Pekan dan Ngopi Gratis di Ngopi Saraosna Vol.6

Merunut sejarah, Jawa Barat memang terkenal sebagai wilayah penghasil kopi terbaik. Oleh sebab itu, pria yang karib disapa Emil itu menyebut lima tahun ke depan tatar priangan diharapkan harus bangkit kembali menjadi provinsi penghasil kopi terbaik dunia.

"Kita akan bangun forum kopi nasional. dengan bantuan teknologi, ilmu pasar yang kuat akan kombinasikan hingga level petani," ungkap Emil disela acara Ngopi Saraosna Vol. 6, di Gedung Sate, Jumat (12/10/2018) sore.

Pemanfaatan teknologi digital pun kata dia bakal digali untuk meningkatkan nilai jual dari potensi kopi Jabar. Bahkan curhatan dari para petani bakal ditampungm mulai dari kelemahan teknologi, budidaya, penjualan, hingga standardisasi kualitas. Oleh sebab itu, forum tersebut diyakini selainkan membantu menjual juga akan membagi ilmu pemasaran dari berbagai level.

"Termasuk, Jabar ini ingin punya kafe kopi khas Jabar di seluruh dunia. Insya Allah targetnya tiga tahun kekejar. Saya akan turun langsung sebagai pengembang. Proses pengembangan ini akan dicarikan pengusahanya dulu yang mau berkerja sama yang biasa bikin kafe. Tapi saya titip kalau bisa kopinya full kopi Jawa Barat," ujarnya.

AYO BACA : Pemerintah Pusat Dirikan Sekolah Jurusan Kopi Pertama di Sumedang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar