Yamaha Lexi

Ayo Berakhir Pekan dan Ngopi Gratis di Ngopi Saraosna Vol.6

  Jumat, 12 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi barista kopiu. (Eneng Reni N Jamil/ayobandung).

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Ngopi Saraosna Vol.6 atau akrab disingkat sebagai Ngora Vol.6, kembali digelar di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat-Sabtu (12-13/10/2018). Seperti festival sebelumnya, di Ngopi Saraosna Vol.6 ini ada bagi-bagi kopi gratis. 

Namun kali ini, Ngora Vol.6 menawarkan variasi dan pengalaman kebaruan dibandingkan seri sebelumnya. Semisal di hari pertamanya, Jumat (12/10/18) sore, Gedung Sate didatangi ribuan pengunjung muda hingga lanjut usia. Tak hanya itu, para penunggang motor gede nan antik, lengkap dengan kostum ala gentleman. 

Tak kurang dari 300 pengendara berkonvoi dari dan menuju Gedung Sate Kota Bandung. Bukan hanya sebagai undangan Ngora Vol.6, mereka juga menggelar lelang amal untuk donasi bagi Palu-Donggala. Istimewa, yang menjadi host lelang adalah David Naif. 

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi.Jawa Barat, Sonny S Adisudarma, mengatakan acara lelang dalam Ngora Vol 6 ini memang sengaja sebagai bentuk kepedulian bagi saudara-saudara sebangsa yang terkena musibah namun dengan cara yang unik.  

AYO BACA : Ngopi Saraosna Vol 6 Dikemas Lebih Santai dan Romantis

“Beberapa barang favorit dari komunitas ini yang dilelang, dan tidak melulu yang berhubungan dengan perkopian,” katanya, di gedung Sate, Jumat (12/10/2018).

Lelang ini, pun dikuti oleh petani kopi yang berasal Garut, Gunung Halu, Ciwidey, Pangalengan, Sumedang, Lembang, dan lain-lain.  “Semua bean yang dilelang juga terjamin dan terkurasi deang baik kualitasnya,” jelas Sonny. 

Selain ada kegiatan lelang, hadir pula acara “Ngawangkong Bersama Stakeholder Kopi Jabar” yang dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan undangan. Alhasil, sonny mengatakan bukan hanya kopi Jabar gratis saja yang di bisa dinikmati. Namun para pengunjung pun dapat memetik ilmu serta hiburan yang bisa dinikmati. 

“Kami sudah menyiapkan berbagai topik workshop yang dapat diikuti oleh para petani dan pegiat kopi,” kata Sonny.

AYO BACA : Dukung Industri Kopi, Pemprov Jabar Gelar West Java Coffee & Art

Acara juga dimeriahkan Workshop Persiapan Barista untuk menghadapi Kompetisi Latte Art, Workshop Persiapan Barista untuk menghadapi Kompetisi Barista, Workshop Persiapan Barista untuk menghadapi Kompetisi Seduh Manual. 

Selain untuk barista, juga ada lokakarya untuk roaster dan petani/processor, yaitu Workshop Persiapan Roaster untuk menghadapi Kompetisi Roasting, Workshop Grading untuk Petani/Processor, Workshop Uji Cita Rasa untuk Petani/Processor. 

Menurut Sonny, hampir seluruh wilayah di Jabar mengirimkan kopi untuk memeriahkan Ngopi Saraosna Vol.6. Kopi-kopi di Ngora Vol.6 berasal dari Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. Sumedang, Kab. Majalengka, Kota Cirebon, Kab Tasikmalaya, Kab. Garut, Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bogor, dan Kab. Purwakarta. 

Tak kalah istimewa, di Ngora Vol.6 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkesempatan menyeduhkan kopi bagi para pengunjung yang beruntung. Gubernur yang karib disapa Emil itu memberikan gelas-gelas kopi yang baru diseduhnya kepada warga yang hadir.

Sementara itu, dari pantauan ayobandung.com di lokasi aada sedikit perbedaan titik keramaian dari yang biasanya tepat di halaman depan Gedung Sate yang menjadi meluas ke area Parkir Timur. 

Pasalnya spot-spot instagramable  sudah disiapkan bagi warga dan keluarga. Sementara band yang akan menghibur acara ini ialah d’Masiv, Mustache and Beard, Two Triple-O, Sore, dan Homogenic.

“Ngora Vol.6 ini disiapkan sebagai gelaran yang romantis sekaligus ramah keluarga,” katanya. 

AYO BACA : Agus Jawara Barista dari Kampung Batulonceng Lembang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar