Yamaha Lexi

Acuviarta: JNE Tumbuh Pesat dan Menjadi Leading Market

  Jumat, 12 Oktober 2018   Andri Ridwan Fauzi
Acuviarta Kartabi. (Istimewa).

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Pesatnya perkembangan layanan e-commerce berimbas terhadap bertumbuhnya online shop bak jamur di musim hujan. Kondisi tersebut menjadi berkah tersendiri bagi jasa ekspedisi yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Jasa ekspedisi yang mendapatkan kepercayaan masyarakat salah satunya adalah PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). 

Pengamat Ekonomi dari Universitas Pasundan Bandung, Acuviarta Kartabi mengatakan, saat ini JNE menjadi salah satu perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia yang tumbuh pesat. Salah satu indikatornya, JNE memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Bahkan saya melihat, JNE menjadi salah satu leading market jasa ekspedisi di Indonesia," ujarnya kepada Ayobandung.com, Jumat (12/10/2018).

Menurutnya, bisnis ekspedisi tumbuh sejalan dengan berkembangnya bisnis e-commerce. Masyarakat mulai banyak melakukan transaksi belanjaonline melalui marketplace atau sosial media. Dengan begitu, keberadaan jasa ekspedisi sangat dibutuhkan untuk menunjang keberlangsungan bisnis e-commerce.

AYO BACA : Gabung Program Corporate JNE, Kopi Banjaran Makin di Depan

"Berkembangnya bisnis e-commerce tersebut sejalan dengan kebutuhan jasa perusahaan ekspedisi. Dan menjamurnya perusahaan ekspedisi saat ini, saya kira merespons perkembangan itu," ungkapnya.

Untuk menghadapi ketatnya persaingan di jasa ekspedisi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki sistem informasi antara masyarakat dan pelanggan, dan membentuk jaringan yang lebih luas. Dengan cara ini, JNE akan lebih dipercaya masyarakat.

"Dengan demikian, maka JNE akan semakin berkembang dan mendapatkan kepercayaan yang besar dari masyarakat. Dengan demikian, maka bisnis perusahaan pun akan semakin meningkat pesat," ucapnya.

Selain itu, lanjut Acuviarta, efisiensi bisnis dan menjaga kualitas layanan harus menjadi fokus utama. Terutama waktu pengiriman paket ekspedisi dan keamanan paket pelanggan. Dengan mengedepankan dua hal tersebut, JNE telah memberikan kepuasan dan menjamin kepercayaan pelanggan, baik itu pengirim paket maupun yang menerima.

AYO BACA : JNE Ajak Pelanggan Shopee Nonton Final Piala Dunia 2018

"Yang tidak kalah penting adalah kualitas jaringan cabang yang bisa menjangkau berbagai pelosok wilayah di Indonesia," terangnya.

Terkait dengan efisiensi bisnis, JNE harus mampu bersinergi dengan jaringan transportasi logistik seperti PT KAI, jaringan pelayaran laut, dan penerbangan karena hal ini akan mampu menekan biaya investasi jangka panjang.

"Terus, mampu memperbesar volume barang ekspedisi sehingga biaya per unit menjadi lebih rendah atau meningkatkan skala usaha," tambahnya. 

Inovasi dan kreativitas dalam menjawab perkembangan zaman, menurut Acuviarta, menjadi kata kunci yang wajib dimiliki setiap perusahaan jasa ekspedisi termasuk JNE. Jika tidak mampu mengimbangi perkembangan zaman, terutama teknologi informasi, jasa ekspedisi tersebut akan sulit bersaing dan akan ditinggalkan pelanggan yang merasa tidak dilayani dengan baik.

"Kata kuncinya adalah terus berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan efisiensi dalam menjalankan perusahaan," pungkasnya. 

AYO BACA : Redaksi Ayo Media Network Kunjungi Kantor JNE Bandung

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar