Yamaha Aerox

Pemprov Jabar Teken Kesepakatan Pelaksanaan Seleksi CPNS

  Rabu, 10 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Penandatanganan Kesepakatan kerja sama sarana dan prasarana BKN dengan Provinsi Jabar. (Eneng Reni/AyoBandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pemprov Jabar melakukan penandatanganan kerja sama antara Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Pemerintah Daerah Kab/Kota pelaksana seleski CPNS dalam hal kesepakatan sarana dan prasarana.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa menyampaikan dari 27 kabupaten/kota di Jabar, terdapat dua daerah yang tidak mendapatkan formasi, yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cianjur. Hal ini diakui Iwa, mengingat dua kabupaten ini memiliki biaya belanja daerah 60%, sehingga saat ini diutamakan memanfaatkan SDM yang ada.

"Dari 27 kabupaten/kota hanya 25 daerah yang mendapatkan formasi untuk adanya seleksi CPNS transparan, terbuka, dan akuntabel. Atas dasar itu lah, cara untuk seleksi CPNS perlu ada kerja sama karena nanti pelaksanaannya BKN tapi usernya masing-masing daerah yang mendapatkan alokasi formasi," ungkap Iwa di Gedung Sate. Rabu (10/10/2018).

Iwa menyebut, perjanjian kerja sama ini dilakukan dengan 25 sekda dari 25 kabupaten/kota, termasuk dengan dirinya sekda provinsi mewakili atas nama pejabat pembina kepegawaian. 

Dengan kerja sama ini maka secara otomatis bakal dilakukan seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem seleksi ini diyakini sistem yang paling transparan dan akuntabel. Pasalnya dengan CAT CPNS, para peserta bisa langsung mengetahui hasil ujian secara langsung.

"Artinya mereka langsung tahu hasil tes satu jam kemudian, bahkan langsung lulus atau tidaknya. Dengan demikian Insyaallah kita bisa mendapatkan PNS yang sesuai dengan harapan," lanjutnya.

Formasi CPNS yang diberikan untuk Jabar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan BKN sekitar 13.029 formasi. Khusus untuk CPNS intansi Pemprov Jabar sekitar 1.085 formasi sedangkan untuk 25 kabupaten/kota sekitar 11.944 formasi. 

Sementara itu, untuk 1.085 formasi CPNS Pemprov Jabar, terdiri dari kategori tenaga guru SMA, SMK, dan SLB sekitar 925 formasi, 95 untuk tenaga kesehatan, 96 tenaga teknis, dan satu formasi untuk eks tenaga honorer kategori dua.

Berdasarkan data jumlah pelamar untuk formasi CPNS Pemprov Jabar sampai 9 Oktober 2018 telah mencapai sekitar 17.000 lebih untuk kuota formasi 1.085. Pendaftaran masih berlangsung melalui sscn.bkn.go.id dan ditutup Senin, 15 Oktober 2018.

"Rencananya hari ini  ditutup 10 Oktober. Tapi diperpanjang sampai Senin, 15 Oktober 2018 karena untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat," sambungnya.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar