Yamaha Aerox

Miftah akan Banting Setir ke Catur

  Rabu, 10 Oktober 2018   Rizma Riyandi
Atlet Putri Indonesia, Miftahul Jannah. (Antara)

AYO BACA : Didiskualifikasi Gara-gara Jilbab, Atlet Judo Ini Mengaku Tidak Menyesal

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah terdiskualifikasi di pertandingan judo pada Asian Para Games 2018, Atlet putri Indonesia Miftahul Jannah memutuskan untuk banting setir ke cabang olah raga catur.

Ia mengambil keputusan tersebut lantaran memang menyukai catur sejak kecil. "Selain judo, Miftah memang suka catur dari kecil," katanya saat menggelar konferensi pers, Kemarin (9/10/2018).

Terkait kegegalannya di arena Judo, Miftah mengaku sudah ikhlas. Pasalnya, menurut perempuan asal Aceh itu, peluang untuk berkontribusi di bidang olah raga belum tertutup.

Miftah sendiri mengaku telah mengetahui tentang adanya peraturan untuk membuka jilbab pada pertandingan judo tuna netra Asian Para Games 2018 yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran. Namun dirinya memilih untuk tetap melanjutkan hingga ke tahap pertandingan.

Hal itu dilakukannya demi mempertahankan prinsip yang dia yakini bahwa judoka muslimah tidak harus melepas jilbabnya pada saat akan bertanding.

"Miftah ingin menerobos itu semua. Miftah menantang aturan itu karena Miftah ingin mempertahankan prinsip Miftah untuk Miftah sendiri dan untuk teman-teman atlet muslim lainnya kalau bisa harus mempertahankan hijab," katanya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berjanji akan mendukung dan memfasilitasi Miftah untuk terjun ke cabang olah raga catur. Ia juga mengapresiasi sikap Miftah yang terus mempertahankan keyakinannya saat bertanding.

"Peristiwa Miftahul Jannah adalah peristiwa satu sisi di mana kita betul-betul mengagumi, menghargai, sekaligus mengapreasiasi keputusan Miftahul Jannah yang mempertahankan prinsipnya untuk tetap menutup aurat dengan jilbab, meskipun sebelumnya sudah tahu bahwa regulasinya tidak memungkinkan untuk dapat memakai penutup kepala karena agar tidak terjadi suatu yang membahayakan pada atletnya," ujar Imam.

AYO BACA : Penggunaan Hijab dalam Pertandingan Judo Harus Dapat Dukungan Internasional

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar