Yamaha Aerox

Waspada! Angin Kencang di Garut Bisa Terjadi di Bandung

  Selasa, 09 Oktober 2018   Rizma Riyandi
Kejadian angin kencang yang terjadi di garut Kemarin (8/10/2018).(BMKG)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kejadian angin kencang yang terjadi di garut Kemarin (8/10/2018), cukup menggegerkan warga setempat. Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung Jadi Hendarmin menjelaskan, kejadian serupa sebenarnya pernah terjadi juga di Bandung.

AYO BACA : LG Siap Luncurkan Ponsel Lipat

"Sama halnya yang terjadi di wilayah IBCC kota Bandung beberapa bulan yang lalu. Tetapi dampaknya sama, akan dapat menyebabkan atap seng beterbangan karena angin bertiup kencang memutar dalam durasi yang sangat singkat, dalam hitungan menit," katanya, Selasa (9/10/2018).

AYO BACA : Hoaks Akan Selalu Ada Tanpa Kesadaran Diri

Jadi menegaskan, kejadian di Garut dan di IBCC bukan puting beliung, karena tidak tampak adanya bentukan awan cumulonimbus. Fenomena tersebut hanya gulak galik udara cerah, yakni terjadi pemanasan yang cukup intensif, sehingga menimbulkan tekanan udara yang sangat signifikan antara daerah yang tutupan vegetasinya kurang diperkotaan dengan wilayah lainnya yang tutupan vegetasinya masih cukup banyak yang berada di wilayah pinggiran kota.

Kondisi tersebut menyebabkan perputaran angin terperangkap hanya di wilayah yang sangat terbatas, antara 100 sampai 200 meter. Berbeda dengan daerah yang terdampak oleh puting beliung, cakupannya bisa mencapai 1 sampai 2 kilometer.

Sebelumnya, angin kencang menerpa wilayah Kampung Kaum Lebak, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kemarin. Angin bergerak dari arah timur menuju ke barat dengan kecepatan tinggi dan menyapu apa saja yang dilaluinya. Sehingga banyak atap rumah beterbangan bahkan gerobak yang mangkal di tepi jalan pun banyak yang roboh.

Kejadian tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah, kandang ternak, pemancingan umum, warung, dan kios di jalan. Bahkan menimbulkan kerugian yang diperkirakan mencapai belasan juta rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat fenomena tersebut.

AYO BACA : Polres Bandung Tangkap Dua Tersangka Curanmor

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar