Yamaha Aerox

Hobi Berbuah Prestasi

  Sabtu, 06 Oktober 2018   

Pernahkah Anda memiliki hobi yang bersebrangan dengan pendidikan Anda? Tentu hal tersebut tidak akan mudah dijalani. Apalagi jika orang tua menolak hobi Anda. Seperti yang dialami Mahasiswa Jurusan Farmasi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat, Sandhy Prasetyo (22).

Sejak kecil ia mulai tertarik dengan dunia perfilman dan sering sekali membayangkan kejadian-kejadian yang ia inginkan. Kebiasaan tersebut akhirnya terbawa sampai ia duduk di bangku SMK dan saat itu pun ia menemukan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

“Mungkin itu jadi sedikit cerita yang lucu dalam hidup saya. Ya background pendidikan saya ada di Farmasi tapi hati saya dan jiwa saya sebenarnya emang cenderung ke per-videoan”, ujar Shandhy Prasetyo sembari tertawa.

Pada awalnya orang tua Sandhy menolak hobi yang bersebrangan dengan pendidikannya. Namun, karena kegigihannya ia dapat membuktikan bahwa ia bisa sukses dengan jalannya sendiri. Akhirnya kedua orang tua Shandhy mengerti dan menerimanya.

Pada tahun 2014 Shandhy mendirikan sebuah komunitas yang bernama Feelm Particle. Sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang perfilman atau sinematografi.

Komunitas ini beranggotakan enam orang yaitu Shandy Prasetyo, Faris Lutfhi S, M Nizar Titan Z, Yana Kusyana, Andrian Setiawan dan Mirani Septira. Karya yang mereka buat bergenre action dan lebih mengutamakan visual effect.

Di tengah perjalanannya Feelm Particle sempat melakukan open recruitment bagi siswa lain yang berminat dalam dunia perfilman. Saat itu jumlah anggota komunitas ini sekitar 40 orang. Namun, setelah kelulusan hanya bertahan enam orang tadi.

Empat tahun berlalu komunitas ini telah melahirkan 35 short movie. Salah satu karyanya pernah masuk nominasi 50 besar Film Pendek Terpilih dari 250 film pendek lainnya dalam ajang Indonesian Short Film Festival 2018 yang diselenggarakan oleh stasiun televisi SCTV.

“Untuk mempublikasikannya sih kita hanya upload di facebook dan youtube. Cuma kita gak ngejar supaya film-film kita dilihat banyak orang, yang penting berkarya dulu, terus asah teknik kita, dan kalau pun sudah waktunya dikenal banyak orang ya seengganya kita sudah siap dalam hal teknik”, ujar Sandhy Prasetyo.

Pada tahun 2018 Feelm Particle dipercaya oleh aktivis lingkungan asal Bandung, Simon Y Sanjaya untuk membuat sebuah video clip lagu ciptaanya yang berjudul Pelihara Bumi Kita. Sebuah pengalaman yang paling berkesan dalam hidup mereka.

Meskipun memiliki kesibukan masing-masing tak membuat komunitas ini hilang dimakan zaman. Kemajuan teknologi komunikasi yang ada dimanfaatkan mereka untuk saling berkomunikasi. Tidak hanya itu kesadaran dan partisipasi anggota sangat diutamakan.

Untuk ke depannya, Feelm Particle berencana akan terus meningkatkan kualitas karyanya dan membuka peluang usaha bersama anggotanya. Mereka berharap suatu saat Feelm Particle bisa memiliki studio film sendiri.

Wulan Yohana
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Jurnalistik
UIN SGD Bandung

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar