Yamaha Aerox

Sensasi Keripik Sambal Kuliner Bandung ala Rasalokal

  Kamis, 27 September 2018   Nur Khansa Ranawati
Keripik Sambal Kuliner Bandung ala Rasalokal.(Khansa/ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM—Kabar gembira bagi para pecinta keripik pedas. Pasalnya, kini ada cara baru menikmati keripik pedas, dengan cocolan sambal khas Bandung yang diadopsi dari sejumlah kuliner legendaris di daerah tersebut.

Keripik dan sambal tersebut menjadi andalan toko oleh-oleh Rasalokal, yang pertengahan tahun ini baru membuka cabang ketiga di Bandung.

Sebelumnya, brand yang diinisiasi oleh pasangan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia serta fotografer Rio Motret ini telah berdiri di Bali dan Surabaya.

"Visinya adalah mengangkat kearifan lokal melalui citrarasa lokal setempat, kami menyediakan oleh-oleh yang praktis bisa dibawa kemana saja dan cocok untuk siapa saja," jelas Regional Manager Rasalokal, I Made Budi Aristyawan pada ayobandung.com, Rabu (26/9/2018).

Varian keripik dan sambal yang tersedia berbeda-beda di setiap daerah, menyesuaikan dengan makanan khas setempat. Di Bandung, ada tiga rasa yang dapat dinikmati, yakni Mie Kocok Bandung, Nasi Kuning Pandu, dan Ayam Goreng Lembang.

Sambalnya pun diracik mirip dengan sambal khas masing-masing makanan.

AYO BACA : Pedasnya Makaroni Ngehe Berasa Pengen Coba Terus

"Ada Ayam Goreng Lembang dengan Sambal Dadaknya, Nasi Kuning Pandu dengan Sambal Seuhahnya, dan Mie Kocok Bandung dengan Sambal Limau-nya," ungkapnya.

Keripiknya sendiri terbuat dari singkong yang diolah menjadi serupa kerupuk dengan tekstur lebih garing dan renyah, namun tidak keras.

Sementara, di Bali, sambal yang tersedia adalah Sambal Matah dan Betutu, dan di Surabaya tersedia Sambal Korek.

"Kita juga punya satu varian nasional, yaitu Kolak Ubi, dengan cocolan gula aren," jelasnya.

Bila tak biasa dengan pedas, Anda tetap bisa menikmati keripiknya tanpa sambal, karena masing-masing keripiknya telah diracik dengan bumbu yang dibuat meresap sehingga rasa pun tetap gurih.

"Kenapa keripik, karena sesuai dengan visi, mengangkat kearifan lokal. Singkong kan sesuatu yang Indonesia banget, biar orang pun ngerasa ini benar-benar khas Indonesia," ungkapnya.

AYO BACA : Lotek Alkateri, Pilhan Kuliner Sarapan Kota Bandung

Salah satu konsumen Rasalokal, Yurizka Milantari, mengatakan rasa rempah pada keripiknya cukup membuat penasaran.

"Rasanya rempah banget, pedasnya enak, terasa sambalnya. Bumbunya meresap ke keripiknya, terus keripiknya lembut banget jadi digigitnya enggak keras," jelasmya.

Tidak Hanya Keripik

Rasalokal Bandung yang terletak di Jalan Dokter Cipto nomor 14 ini juga menjual sejumlah produk lain, yakni produk olahan UMKM Kota Bandung, yang dikemas khusus untuk Rasalokal.

"Di sini juga ada produk lain, kita co-branding dan dititip jual di sini," jelasnya.

Produk yang tersedia sangat beragam,mulai dari makanan ringan yang dijual per ons, shortbread, aneka teh, campuran minuman, lauk nasi, dan lainnya.

Bahkan, Rasalokal juga mengeluarkan produk berupa Kacang Disko yang diberi sejumlah bumbu khas kuliner lokal.

"Best-seller Kacang Disko bumbu sate Maranggi Purwakarta," jelasnya.

AYO BACA : Tujuh Kuliner Legendaris di Pusat Kota Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar