Yamaha Aerox

4 Amalan Sederhana di Hari Jumat

  Jumat, 21 September 2018   Rizma Riyandi
Alun-alun Bandung

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Bagi umat muslim, Jumat merupakan hari istimewa. Pasalnya Jumat adalah hari penciptaan bumi dan langit disempurnakan.

Berdasarkan hadis dan sunah, ada beberapa amalan sederhana yang dapat kita lakukan pada Jumat, yaitu:

1. Memperbanyak selawat Nabi


Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An Nasa-i, bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah selawat kepadaku di dalamnya. Karena selawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

2. Membaca surah Al-kahfi

Berdasarkan hadis riwayat Hakim dalam Mustadrok, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” 

AYO BACA : Begini Hukumnya Update Status Ibadah di Sosial Media

3. Perbanyak doa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW menyebut hari Jumat kemudian berkata, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya, dan memohon sesuatu kepada Allah Taala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.

Waktu yang dimaksud dengan detik terakhir dari hari Jumat adalah saat menjelang Magrib, yaitu ketika matahari hendak terbenam.

4. Perbanyak zikir mengingat Allah


Dalam Alquran Surah Al-jumuah: 9, Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah.”

Setidaknya itulah empat amalan sederhana yang dapat kita lakukan pada Jumat. Semoga Jumat-mu semakin berkah.

AYO BACA : Mitos dan Fakta Tentang Malam Jumat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar