Yamaha Aerox

Begini Cara Facebook Perangi Ujaran Kebencian

  Selasa, 18 September 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Facebook

AYO BACA : Resolusi Mulia Bos Facebook, Mark Zuckerberg

AYO BACA : Pengguna di Indonesia Meningkat, Facebook Fokus Tingkatkan Literasi Digital

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Facebook terus berusaha untuk memerangi ujaran kebencian yang kian marak di sosial media. Kabarnya Facebook akan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang diberi nama Rosetta, sebagai senjata untuk mengurangi ujaran kebencian.

Ujaran kebencian menjadi masalah yang krusial dalam bidang sosial media. Mengingat platform Facebook seringkali dijadikan wadah bagi pengguna untuk saling lempar komentar kebencian.

Rosetta memiliki cara kerja unik sehingga mampu membaca konten dalam gambar dan video yang ada di Facebook. Mengingat sudah banyak ujaran kebencian yang bukan hanya berbentuk teks, melainkan konten visual, baik berupa meme atau video yang berisi sindiran.

Nantinya Rosetta bakal dirancang untuk menjaring konten-konten dalam skala besar.

Selain itu Rosetta juga mampu menerjemahkan teks dalam berbagai bahasa dari gambar maupun video. Sistem seperti ini bukanlah hal baru. Pasalnya Instagram juga sudah mengimplementasikannya.

Sebelumnya, pada bulan Juli 2018, Facebook telah melakukan update pada sistemnya untuk menyaring lebih ketat konten-konten negatif.

Berbagai konten, baik berupa foto, gambar, video, teks, maupun meme yang dianggap memiliki pesan kebencian bakal terus dikaji oleh Facebook.

Tak hanya dengan menggunakan kecerdasan buatan, Facebook juga telah merekrut 20.000 pegawai yang bertugas untuk patroli mengawasi konten-konten yang dianggap sensitif.
 

AYO BACA : Facebook Tak Menjamin Media Sosial Baik untuk Demokrasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar