Yamaha Aerox

Orang Finlandia Beberkan Rahasia Negaranya paling Happy di Dunia

  Minggu, 16 September 2018   Arditya Pramono
Ilustrasi. (pixabay.com)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Laporan Kebahagian Dunia 2018 oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menempatkan Finlandia di nomor wahid sebagai negara paling bahagia di dunia. 

Lewat fakta tersebut,  ayobandung.com mencoba mencari tahu alasan mengapa salah satu negara nordik di kawasan Eropa Utara itu menjadi negara paling bahagia. 

Pertanyaan itu dilontarkan kepada perwakilan Finland University yang berkunjung ke Kabupaten Purwakarta belum lama ini.

Wakil Direktur  Eksekutif Finland University, Pasi Kaskinen menjelaskan hal pertama yang membuat warga Finlandia bahagia adalah soal keamanan. 

"Saya pikir semua kebahagian manusia secara umum adalah soal keamanan. Negara kami secara umum aman tidak ada konflik dalam masyarakat baik," jelasnya saat berkunjung ke SDN Ciwangi Kab. Purwakarta pada Jumat (14/9/2018) lalu.  

Menurut Pasi, negaranya juga telah berhasil memenuhi kebutuhan dasar warganya secara merata, tanpa memandang status sosial ekonomi mereka. 

"Kebutuhan makanan, pelayanan kesehatan dan pendidikan semua warga negara mendapatkannya dengan baik. Tidak ada yang kelaparan, sakit tapi gak diurus rumah sakit bahkan sampai putus sekolah," ungkapnya. 

Dia menyimpulkan, dalam membuat sebuah negara yang warga negaranya bahagia tidak perlu melakukan hal yang muluk-muluk. 

"Gak usah muluk-muluk, gak ada yang namanya fantastic experience. Ketika negara mampu memenuhi kebutuhan dasar warganya, itu sudah cukup," ucapnya. 

Diketahui dalam Laporan Kebahagian Dunia 2018 PBB, dari 196 negara,  Finlandia berada diurutan pertama. Sedangkan Indonesia berada di urutan ke- 96. Negara kawasan ASEAN yang paling bahagia adalah Singapura di urutan 34 dunia. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar