Yamaha NMax

Penjelasan Ilmiah soal Aroma Bau Hujan

  Kamis, 13 September 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi hujan yang turun ke bumi.(Popular Science)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Ketika tetes pertama dari hujan setelah musim kemarau jatuh ke tanah yang panas dan kering biasanya akan menimbulkan aroma khas.

Para ilmuwan mengatakan hujan itu sendiri sebenarnya tidak memiliki aroma. Bau hujan berasal dari pelembap tanah. Mereka menyebut bau pelembap tanah itu dengan sebutan petrichol.

AYO BACA : Dampak Siklon Tropis Mangkhut bagi Jawa Barat

Para ilmuwan Australia menjadi yang pertama kali mendokumentasikan proses pembentukan petrichor pada 1964 dan para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology mempelajari lebih lanjut mekanisme proses pada tahun 2010-an.

Petrichor merupakan kombinasi dari senyawa kimia yang harum. Beberapa berasal dari minyak yang dibuat oleh tanaman. Komponen utama petrichor adalah actinobacteria. Mikroorganisme kecil ini dapat ditemukan di daerah pedesaan dan perkotaan serta di lingkungan laut.

AYO BACA : Enam Cara Agar Jas Hujan Tahan Lama

Hasil lain dari penelitian mereka adalah ditemukannya senyawa organik yang disebut geosmin yang berkontribusi terhadap aroma petrichor. Geosmin adalah sejenis alkohol. Molekul alkohol biasanya cenderung memiliki aroma yang kua namun hidung kita hanya dapat mendeteksi beberapa bagian geosmin saja dari triliunan yang ada di udara.

Selama periode kekeringan berkepanjangan ketika belum hujan selama beberapa hari, laju aktivitas penguraian actinobacteria melambat. Tepat sebelum peristiwa hujan, udara menjadi lebih lembap dan tanah mulai lembab. Proses ini membantu mempercepat aktivitas actinobacteria dan semakin banyak geosmin terbentuk.

Ketika tetesan hujan jatuh ke tanah, terutama permukaan berpori seperti tanah gembur atau beton kasar, mereka akan memercik dan mengeluarkan partikel kecil yang disebut aerosol.

Geosmin dan senyawa petrichor lain yang ada di tanah dilarutkan dalam rintik hujan dan dilepaskan dalam bentuk aerosol kemudian dibawa oleh angin ke daerah sekitarnya dan inilah yang menjadi aroma hujan.

Jika curah hujan cukup tinggi, aroma petrichor dapat bergerak dengan cepat melawan arah angin dan memperingatkan orang bahwa hujan akan segera turun. Bau ini akan hilang setelah tanah mulai kering.

AYO BACA : Bapak Ini Mengolah Air Hujan Jadi Air Layak Minum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar