Yamaha Aerox

6 Kebiasaan yang Bisa Membuat Diri Kita Lebih Cerdas

  Kamis, 13 September 2018   Fathia Uqimul Haq
cerdas (ilustrasi.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pendidikan tidak hanya didapatkan melalui bangku sekolah. Menjadi seorang yang terdidik dapat dilakukan secara mandiri dan dimulai dari diri sendiri.

Banyak cara mudah untuk mendidik diri sendiri menjadi cerdas. Bukan hanya soal pikiran, melainkan pendidikan yang lahir dalam perbuatan dan terpatri menjadi sikap dan sifat yang melekat.

Mengutip Selfication, berikut enam kebiasaan untuk mendidik dan melatih diri sendiri supaya cerdas dan mampu menjadi orang yang bermanfaat.

1. Cari tahu yang tidak dipahami

Jika kamu menemukan sebuah kata atau referensi yang tidak dimengerti, maka carilah di sebuah kamus atau internet. Apalagi hadirnya gawai dapat memudahkan kita untuk menelaah apa yang tidak diketahui. Hal ini cukup mudah dilakukan, di antaranya dengan sering membaca, membuka Wikipedia mobile, atau melirik situs dictionary.com supaya memiliki referensi kata baru setiap hari.

AYO BACA : Kebiasaan Jelek yang Rusak Wajahmu!!

2. Sisihkan 15 Menit

Idealnya, setiap hari kamu harus meluangkan waktu 15 menit untuk belajar apapun yang kamu suka. Temukan cara yang paling nyaman untuk belajar setiap hari. Seberapa sibuknya pekerjaan, luangkan waktu 15 menit supaya belajar semakin menyenangkan.

3. Buat Refleksi Jurnal

Biasanya, orang sukses dan terdidik senantiasa mengulang kembali apa yang dilakukan selama seharian itu. Refleksikan dalam sebuah jurnal pelajaran apa yang paling mengesankan selama seharian penuh. Tuliskan kutipan yang paling berarti supaya dapat dilihat kembali apa saja yang pernah dicapai sebelumnya.

4. Blog

AYO BACA : 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Orang-orang cerdas dan inspiratif biasa menulis blog secara teratur. Mereka mengunggah karya dan idenya di blog supaya dilihat oleh warganet. Apapun yang ingin dibagikan, maka bagikanlah selama itu positif di laman blog kamu.

5. Kursus Online

Meski tak sempat mengenyam bangku kuliah, jangan takut buat  mengambil kursus online. Misalnya, Khan Academy memiliki pendidikan kelas dunia gratis yang tersedia bagi siapa saja dan di mana saja. Mata pelajaran yang dikursuskan termasuk matematika, biologi, fisika, kimia dan banyak lagi.

Selain itu, ada juga Udemy, yakni kursus online dengan lebih dari 16.000 program dan lebih dari 3 juta siswa. Semua itu bisa kamu ikuti secara gratis maupun berbayar.

6. Mendengarkan Podcast

TED adalah ruang ceramah inspiratif, tempat para ahli terbaik dunia untuk berbagi ide mereka dalam pembicaraan yang singkat selama 18 menit atau kurang. Kamu bisa mendengarkannya dengan mudah. Seperti menonton di situs TED atau di saluran youtube. Adapun 99U menampilkan pembicaraan inspiratif dari para ahli untuk membantu kamu menjadi lebih produktif, lebih terorganisir, dan menjadi seorang pemimpin.

AYO BACA : Duh, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Rusak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar