Yamaha Lexi

Ini Dia Teknik Cepat Belajar Hal Baru

  Jumat, 07 September 2018   Nur Khansa Ranawati
Peraih Nobel Fisika dan ahli fisika kuantum asal New York, Richard Feynman. (caltech.edu)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ingin mengetahui sejauh mana Anda memahami suatu topik, atau ingin memulai belajar sesuatu dengan mudah? Sebuah teknik yang dirumuskan oleh peraih Nobel Fisika dan ahli fisika kuantum asal New York, Richard Feynman, dapat Anda coba. 
 
Pasalnya, ia berhasil merumuskan empat langkah sederhana yang bisa membantu kita memahami apapun dengan lebih efisien.
 
Sebagaimana yang disitat dari Curiosity.com, Feynman--yang juga dijuluki "The Great Explainer", dianggap selalu mampu menjelaskan konsep-konsep rumit seperti relativitas dan mekanika kuantum untuk banyak orang, dengan sederhana.
 
Kuncinya adalah “keep it simple”. Begini langkahnya: 
 
1. Tuliskan di selembar kertas
Mula-mula, tulislah judul topik yang ingin Anda jelaskan atau pelajari di bagian atas kertas. Kemudian, tulis apapun yang Anda ketahui tentang topik tersebut di bagian bawah. Teruslah tulis setiap menemukan pemahaman baru.
 
2. Tulis dan jelaskan konsep dengan bahasa yang sederhana
Setelah punya catatan, cobalah untuk menulis kalimat sendiri yang menjelaskan topik tersebut dengan bahasa sederhana. Bayangkan Anda sedang menjelaskan topik tersebut pada orang awam. Sertakan juga contoh yang bisa dipakai atau dipraktekan.
 
3. Bila masih ada yang sulit dijelaskan, pelajari kembali
Ketika ada bagian yang menurut Anda masih sulit dijelaskan, tandanya ada bagian yang masih kurang dipahami. Kembali pelajari area tersebut hingga Anda benar-benar bisa menjelaskannya dengan baik — dan sederhana. 
 
4. Baca ulang dan sederhanakan (lagi)
Untuk mempermudah, coba bayangkan Anda akan menjelaskan konsep ini pada anak-anak. Anak-anak memiliki sifat selalu penasaran, dan kerap bertanya “mengapa?” mengenai banyak hal. Kira-kira, apakah Anda sudah sanggup membuat anak-anak paham tentang hal yang tengah Anda pelajari? 
 
Bila perlu, pakailah analogi untuk mempermudah orang lain memahaminya. Teknik ini dinilai mampu membantu Anda menemukan area kelemahan pemahaman Anda di topik tersebut dengan cepat.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar