Yamaha NMax

Cerita Dokter Persib di Tanah Suci

  Sabtu, 01 September 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Dokter offisial Persib, Raffi Ghani di depan Kakbah. (Anggun/ayobandung)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Dokter offisial Persib, Raffi Ghani, terpilih menjadi salah satu anggota dokter pendamping penyelenggara ibadah haji 2018. Sejak tanggal 6 Agustus 2018 lalu, Raffi berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima itu sambil memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji.

“Perginya dari tanggal 6, dari trabel. Setiap pergi haji kan harus didampingi dokter. Kebetulan saya terpilih menjadi dokter pengawas,” kata Raffi saat ditemui di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (1/9/2018).

Pada kesempatan itu, Raffi mendampingi skeitar 56 jemaah haji. Sebenarnya sudah semenjak lama dia memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah haji.

Hingga pada tiga bulan sebelum keberangkatan, Raffi mendapatkan kabar kalau dirinya masuk ke dalam tim dokter pendamping penyelenggara ibadah haji 2018. Dia pun bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Tanah Suci.

“Tiga bulan sebelumnya saya ditelepon. ‘Dok mau enggak jadi dokter pendamping haji?’ Ya tentu saja saya mau. Tadinya hanya sebatas keinginan ‘kapan ya saya naik haji?’ Ternyata Allah Maha Baik. Akhirnya saya berangkat. Alhamdulillah,” ucapnya.

Lantas, Raffi pun bercerita tentang pengalamannya saat menunaikan ibadah haji. Pada saat hari-hari pertama dirinya di Tanah Suci, Raffi menuturkan cuaca buruk sempat melanda Mekkah. Beruntung, meski sempat terjadi badai pasir dan hujan besar, tidak sampai mengganggu pelaksanaan ibadah haji.

“Yang paling mencekam itu pas di Mina ada badai pasir dan hujan besar. Sekitar setengah sampai satu jam. Tapi Alhamdulillah tidak terjadi aman tidak apa-apa,” tuturnya.

Selama di sana, Raffi membantu penanganan pasian-pasien yang mengalami gangguan kesehatan. Dia bersyukur pasian-pasien yang ditanganinya tidak banyak yang memiliki penyakir serius.

“Tapi pasti ada lah yang sakit serangan jantung atau apa, pasti ada. Tapi Alhamdulillah semua bisa di atasi,” ungkapnya.

Ketika di Tanah Suci, dia juga banyak menemukaan jamaah asal Indonesia yang mengenalinya sebagai dokter offisial Persib. Tak pelak kesempatan tersebut menjadi ajang bagi para jemaah itu untuk mengorek info tentang tim Maung Bandung darinya.

“Ada lah beberapa orang Indonesia yang nyapa. Yang tahu (dokter Raffi dari Persib) jug tidak dari Bandung aja. Dari Balikpapan, Kudus, Wonosobo, dan Kediri. Alhamdulillah jadi nambah ukhuwah sama yang lainnya,” paparnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar