Yamaha NMax

Usai Dilantik, Bandung Bersih Jadi Misi Prioritas Oded

  Jumat, 10 Agustus 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Oded M Danial. (irfan Al-Faritsia/yobandung).

WASTU KANCANA, AYOBANDUNG.COM--Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Wali Kota Bandung terpilih, Oded M Danial, telah menyiapkan program prioritas 100 hari kerja yang akan dijalankan setelah resmi dilantik pada September 2018 nanti. 

Salah satu fokus utama dalam masa kepemimpinannya adalah menyoal masalah sampah dan kebersihan kota. Diakuinya, secara khusus Oded akan membuat gerakan Bandung Bersih yang akan membersihkan sampah mulai dari hulu hingga hilir.

"Iya, Bandung Bersih jadi misi program 100 hari kerja setelah dilantik nanti," ujar Oded pada ayobandung.com di Balai Kota Bandung, Jumat (10/8/2018). 

AYO BACA : Resmikan Kantor Baru, Ayo Media Network Deklarasikan Kickout Hoax

Menurut Oded, persoalan sampah merupakan hal klasik namun besar yang selalu dihadapi kota besar seperti Bandung. Bahkan jika dibiarkan berlarut-larut, permasalahan ini bakal menjadi bom waktu yang semakin rumit untuk diselesaikan.

Dalam penerapannya, Oded mengaku akan mengajak semua warga Kota Bandung membuat bank sampah. Lantaran, selama ini keberadaan bank sampah dinilai efektif untuk mengurangi sampah dan sudah banyak dilakukan di RW-RW se-Kota Bandung.

Pagi tadi, upaya kecil dilakukan Oded bersama warga Andir, Ciroyom dengan gotong royong kerja bakti. Hal ini diakui Oded bahkan telah rutin dilaksanakan warga tersebut untuk menjaga keasrian lingkungannya.

AYO BACA : Wakil Wali Kota Bandung Kunjungi Kantor AyoMedia Network

"Beberesih sampah sudah jadi agenda rutin bulanan di sana. Sebulan sekali di Ciroyom ada agenda gotong royong. Masyarakat pungut sampah," ungkap pria yang kerap disapa Mang Oded itu.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menyediakan biodigester yang mampu mengurangi hingga 50% sampah organik warga. Nantinya, secara bertahap biodigester akan ada di setiap RW sehingga tersisa 20% sampah yang dibuang ke TPA.

"Kalau setiap RW punya bank sampah maka hampir 30% sampah di hulu akan terselesaikan. Ongkos angkut sampah dari hulu bisa diefisienkan bisa hemat sekitar Rp100 miliar," ucapnya. 

Untuk membantu pemerintah, Oded memastikan telah mengajak berbagai elemen dan komunitas untuk turut berkolaborasi. Tak terkecuali untuk agenda terdekat yakni Beberes Bandung. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Beberes Bandung akan secara masif dilakukan 12.000 relawan pada 11-12 Agustus 2018. Kegiatan ini akan melibatkan sekitar 9.000 gober dari 30 kecamatan serta 3.000 relawan lainnya.

"Besok, kegiatan kerja bakti Beberes Bandung pun akan serempak dilaksanakan di 30 kecamatan. Kegiatan ini untuk mengubah perilaku warga agar mulai terbiasa hidup bersih," ujarnya.

AYO BACA : Oded: Media Ibarat Pisau yang Sangat Tajam

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar