Yamaha NMax

Dinas KUKM Bandung Siapkan Aturan Mobil Toko

  Kamis, 09 Agustus 2018   Fathia Uqimul Haq
Deretan Mobil Toko di kawasan Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (9/8/2018). (Fathia/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, Priana Wirasaputra, sedang menyusun grand desain yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan (Bapelitbang) terkait masalah Mobil Toko (Moko), terutama yang berada di kawasan Diponegoro.

“Salah satu poinnya adalah rezonasi PKL setelah melakukan evaluasi. Bisa jadi zona merah menjadi kuning, merah menjadi hijau, kuning menjadi merah, dan lain-lain,” kata Priana beberapa waktu lalu.

AYO BACA : Lika-Liku Pedagang Mobil Toko

Maraknya Moko menjadi salah satu hal yang diperhatikan, apalagi banyaknya penambahan Moko dalam tiga bulan terakhir, salah satunya di Jalan Diponegoro yang mencapai lebih dari 50 moko.

Idealnya mereka bisa tetap berjualan tanpa melanggar aturan. “Masalahnya, ada pengaduan dari masyarakat, moko menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

AYO BACA : Pemkot Bandung Janji Sikat Mobil Toko

Pemerintah memiliki tanggung jawab buat mencari solusi. Salah satunya, Dinas KUKM Kota Bandung akan membina moko tersebut. “Selama ber-KTP Bandung, kewenangan kami membina, kalau tidak mohon maaf bukan kewenangan kami,” terangnya.

Direncanakan, draf Perwal hadir awal tahun depan seraya menunggu banyak masukan sesuai apa yang disampaikan Bagian Hukum.

Priana berharap jika aturannya sudah jelas, pedagang moko dapat mematuhi aturan. “Bukan berarti menghambat warga mencari nafkah tapi harus sesuai aturan yang ada,” katanya.

Karena, banyak pedagang sudah mapan sengaja berjualan di badan jalan dan melanggar aturan.

Dia mengatakan akan tegas sejak awal dalam menertibkan moko. Lantaran, lima tahun ini belum selesai soal penataan PKL. “Kalau dibiarkan, pandangan di masyarakat seolah pemerintah tidak hadir. Mumpung belum banyak,” terangnya.

AYO BACA : 5 Mobil Bekas Eropa Termurah, Hanya Rp35 Jutaan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar