Yamaha Mio S

Resmi, Indonesia Kuasai 51% Saham Freeport

  Kamis, 12 Juli 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi Freeport. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah resmi memeiliki 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Kesepakatan itu dicapai melalui penandatanganan Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement/HoA) antara Freeport dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

“Diharapkan partnership antara Freeport dengan Inalum dan pemerintah akan mampu meningkatkan kepastian di dalam lingkungan operasi, serta kualitas, dan nilai tambah industri ekstraktif ke depan,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, usai penandatanganan perjanjian di Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan RI, melansir Antara.

Kepemilikan Inalum di PTFI, yang semua hanya sebesar 9,36%, menjadi 51%. “Ini akan semakin meningkatkan kemakmuran bagi masyarakat Indonesia dan Papua,” kata Sri.

HoA selaras dengan kesepakatan pada 12 Januari 2018 antara Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Mimika. Disebutkan bahwa pemerintah daerah akan mendapatkan saham sebesar 10% dari kepemilikan saham PTFI.

Berdasarkan laporan keuangan 2017 yang telah diaudit, PTFI membukukan pendapatan sebesar US$4,44 miliar atau naik dari US$3,29 miliar di 2016. PTFI juga membukukan laba bersih US$1,28 miliar atau meningkat dari US$579 juta.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar