Yamaha Mio S

Jamu Mommy, Minumal Tradisional ala Kekinian yang Bikin Sehat

  Kamis, 12 Juli 2018   Fathia Uqimul Haq
Kemasan botolan Jamu Mommy. (Fathia Uqim/ayobandung)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM—Minum jamu barangkali sudah jadi hal langka di zaman kiwari. Maraknya minuman berwarna dan aneka sajian menyegarkan dahaga hit lainnya menggerus minuman tradisional yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan ini.

Namun, itu tidak berlaku bagi Yulianty. Wanita asal Jakarta ini mengembangkan bisnisnya dengan memproduksi jamu botolan kemasan 250 dan 500 mililiter. Jamu kekinian itu dinamai Jamu Mommy.

Produksi Jamu Mommy mengandalkan remah-rempah Nusantara seperti temulawak, kunyit, beras kencur, dan sari asem yang punya khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. “Anak saya juga suka dikasih ini kalau sakit,” kata Yulianty kepada ayobandung di sela-sela Festival Kuliner Curug Langit di Mal Paris Van Java, Bandung, Kamis (12/7/2018). Yulianty juga sengaja meracik jamunya agar bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk anak usia 1,5 tahun.

Sudah sejak 2015 lalu Yulianty memulai bisnis jamu modernnya ini. Namun, tak mudah baginya untuk membikin Jamu Mommy diterima masyarakat. “Orang kadang bilang enggak suka minum jamu, atau enggak suka, atau ngerasa aneh juga,” kata dia.

Tapi Yulianty tak patah arang. Dia terus mempromosikan jamu gaya barunya, sampai sukses seperti sekarang. Terbukti, sebanyak 1.000 botol ludes terjual setiap bulannya.

Ada sembilan varian jamu yang ditawarkan Jamu Mommy. Ada kunyit asem, temulawak, rosella, beras kencur, alang-alang, barley, lohankuo, sari asem, dan wedang jahe. Harga jamu berkisar di antara Rp25.000 sampai Rp45.000 per botol.

“Jamu kami hanya tahan sehari di luar ruangan. Tapi kalau disimpan di kulkas bisa tahan dua bulan,” kata Yulianty.

Sebagaimana diketahui, jamu memang punya segudang khasiat. Di antaranya menurunkan lemak darah, memberikan efek segar bagi tubuh, menambah nafsu akan pada anak, dan mengurangi rasa pegal serta lelah.

Sampai saat ini Jamu Mommy baru hanya bisa dipesan melalui jalur daring di akun Instagram @mommydrink. Dalam waktu dekat, Jamu Mommy bakal hadir di Bandung sebagai mitra salah satu aplikasi ojek daring.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar