Yamaha NMax

Praktik Jual Beli Kursi Bisa Terjadi dalam PPDB

  Kamis, 12 Juli 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB). (Anggun Nindita K Putri/ayobandung)

JLN. A. YANI, AYOBANDUNG.COM--DPRD Kota Bandung belum menerima laporan terkait dugaan praktik jual beli kursi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2018 di Kota Bandung. Lantaran, praktik semacam itu telah diawasi dalam sistem PPDB online yang membuat peluang praktik kecurangan semakin kecil.

"Kalau menurut saya, sampai saat ini tidak melihat ada kecurangan atau jual beli kursi. Karena dari sistem online ini bukan hanya pemerintah, orang tua siswa pun bisa melakukan pemantauan secara langsung, kenapa tersingkir, kenapa bisa masuk. Sejauh ini, tidak ada jual beli tapi kalau yang melapor merasa diperlakukan tak adil mah banyak," ungkap Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Gagan Hermawan, Kamis (12/7/2018).

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada oknum yang melakukan praktik jual beli kursi dalam proses PPDB itu. 

"Tak dipungkiri ada juga oknum. Nah, itu yang saya khawatirkan. Yang namanya manusia kan mau online atau manual yang diterapkan bisa diakalin oknum, makanya harus diantisipasi. Tapi sampai saat ini belum ada kecurangan," sambungnya.

AYO BACA : Kisah Heroik Penyelamatan Gua Thailand Akan Dibuat Film

Santer diberitakan, Ombudsman menerima laporan dugaan mengenai adanya delapan sekolah yang melakukan praktik jual beli kursi untuk PPDB di tingkat SMP dan SMA Kota Bandung.

Menanggapi laporan tersebut, Tim dari PPDB Kota Bandung, Edy Suparojoto menyampaikan, setelah pihaknya melakukan klarifikasi, tim PPDB Kota Bandung tidak menemukan dugaan dari laporan tersebut.

"Saya cek di sekolah tersebut tidak ditemukan. Ombudsman itu kan berdasarkan aduan dari masyarakat sedangkan kami cek ke sekolah itu tidak ditemukan. Saya jamin insya Allah tidak ada praktik itu," klaimnya.

Sekadar informasi, Ombudsman Perwakilan Jawa Barat menyebut PPDB 2018 rawan praktik jual beli kursi. Ombudsman juga membuka posko pengaduan untuk masyarakat yang ingin melaporkan praktik kecurangan pada PPDB 2018.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar