Yamaha Mio S

Kartun Menyentuh Hati Penyelamatan 12 Bocah dan Pelatihnya di Gua Thailand

  Kamis, 12 Juli 2018   Andres Fatubun
Gambar kartun penyelamatan 12 anak dan pelatihnya di Gua Tham Luang, Thailand. (facebook)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Proses evakuasi 12 anak-anak serta seorang pelatihnya yang terjebak dalam gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai sejak 23 Juni berakhir dengan sukses.

Pada saat berita ini diturunkan, mereka semua berhasil dikeluarkan dari dalam gua dengan cara menyelam pada Rabu (11/7) malam. Kini mereka mendapatkan perawatan di RS Chiang Rai. 

Peristiwa ini mendapat perhatian dunia internasional. Belasan negara menawarkan bantuan evakuasi serta dukungan peralatan. Sejumlah kesatuan elite angkatan laut seperti US Navy SEAL, ahli diving, dan pakar dengan berbagai latar belakang keilmuan turun langsung dalam proses penyelematan. Bahkan orang yang termasuk dalam daftar orang terkaya sedunia seperti Elon Musk menawarkan bantuan.

Kisah dramatis dan perhatian dunia ini menjadi inspirasi sejumlah kartunis. Mereka membuat gambar dengan pesan soal harapan dan ucapan terima kasih. Beberapa menyampaikan ucapan duka cita untuk seorang anggota AL Thailand, Saman Gunan, yang tewas akibat kehabisan oksigen.  

Salah satunya dibuat oleh kakak beradik Aruni Aunhawarakorn dan Jantima Manasviyoungkul. Dengan nama alias Sisidea, mereka menggambarkan proses penyelamatan yang dilakukan multinegara itu dengan simbol binatang khas.

 Foto Thai NavySEAL.

Selain karya Sisidea, puluhan kartun serupa lainnya viral di media sosial. 

AYO BACA : Empat Nama Pendukung Jokowi Usulan Relawan Nasional 212

Foto Ayofoto.

Foto Ayofoto.

Foto Ayofoto.

Foto Ayofoto.

 

 

 

 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar