Yamaha Lexi

Viking Serui Buktikan Rasa Cintanya Pada Persib

  Rabu, 11 Juli 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Viking Serui. (Anggun Nindita Kenanga Putri/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Siapa sangka di sebuah wilayah kecil di Papua, di Teluk Cendrawasih sebelah selatan Pulau Biak, tepatnya di Kota Serui, Kabupaten Yapen, terdapat komunitas pendukung tim Persib Bandung. Memang ada, mereka tergabung dalam Viking Serui.

Viking Serui memang baru seumur jagung. Mereka baru terbentuk 16 Oktober 2017 silam. Sosok yang mengagas berdirinya Viking Serui adalah Gunawan, seorang pemuda asli Garut yang sudah lama bekerja di Serui.

Gunawan sedari kecil menyukai tim Maung Bandung. Suatu hari dirinya berjalan-jalan di kota. Tanpa sengaja dirinya menemukan kedai bakso yang spanduknya bertuliskan “Bakso Rudal Bandung”. Lantaran penasaran, akhirnya Gunawan menghampiri sang pemilik kedai bakso tersebut, apakah benar asli orang Bandung atau tidak.

“Ternyata si aa yang punya kedai bakso itu bukan orang Bandung tapi orang Bogor. Soalnya di sini 'kan kami jauh dari keluarga. Rasanya kalau ketemu sesama orang Bandung atau Jawa Barat pasti ada perasaan senang,” katanya saat dihubungi ayobandung.com, Rabu (11/7/2018).

Mereka berdua ternyata gemar menonton Persib. Dari awalnya hanya nobar Persib berdua, akhirnya mereka sepakat untuk mencari orang-orang Jawa Barat yang berada di Serui, yang juga menyukai tim Maung Bandung.

Bukan hal yang mudah rupanya, karena Gunawan berada di wilayah yang jumlah pendatang dari Jawa Baratnya sangat sedikit. Dengan sedikit nekat, dirinya pun menghampiri satu per satu pendatang yang ada di sana, sambil memastikan apakah pendatang tersebut dari Jawa Barat atau bukan.

Atas aksinya itu, Gunawan kini sudah berhasil mengumpulkan sekitar 53 anggota Viking Serui. Anggota Viking Serui terdiri dari berbagai profesi, mulai dari wiraswasta, pegawai swasta, sampai TNI pun ada. “Yang suka dengan Persib ternyata enggak hanya orang Jawa Barat saja. Tapi di sini banyak orang Ambon, Toraja, dan Jawa Timur yang juga gemar nonton Persib,” tuturnya.

AYO BACA : Mario Gomez Dibikin Kagum oleh Viking Serui, Kenapa?

Meski anggotanya masih sedikit, tapi jangan tanya soal loyalitas Viking Serui dengan tim kesayangannya itu. Meski jauh berada di pulau kecil di Papua, tapi tidak menyurutkan rasa cinta Viking Serui kepada Persib.

Para anggota Viking Serui sering mengadakan kopdar untuk membahas perkembangan Persib. Selain itu, untuk mempererat tali silaturahmi, anggota Viking Serui rutin mengadakan futsal setiap pekannya. Saat ada pertandingan tim Maung Bandung, mereka selalu mengadakan nobar.

Selain itu, Viking Serui dikenal memiliki hubungan baik dengan suporter Perseru, Ultras Superman. Beberapa kali bakti sosial diadakan bersama dengan Ultras Superman. Yang terbaru, mereka kompak menanam pohon-pohon di pinggir pantai yang berada di Serui.

“Di sini 'kan kami tamu, tentu saja harus juga memberikan kontribusi bagi warga sekitar. Sekaligus bukti bahwa organisasi ini juga peduli dengan masyarakat,” tuturnya.

Kedatangan Persib ke Serui pun menjadi kebahagiaan sendiri bagi mereka. Ibaratnya mereka kedatangan keluarga dari Jawa Barat yang sudah lama ditunggu-tunggu. Beruntung, tim Persib, khususnya pelatih Mario Gomez pun memberikan sambutan yang positif bagi Viking Serui. Gomez bahkan dibuat kagum dengan adanya komunitas bobotoh yang berada di pulau kecil ini.

Pada musim 2018 ini, Viking Serui berharap Persib di bawah kendali Mario Gomez bisa merebut lagi masa jayanya. Apalagi kini Persib banyak dihuni pemain muda dengan segudang talenta.

“Kami optimis sih sekarang di bawah Gomez, Persib bisa lebih maju. Memang sudah terbukti cara kerjanya. Semoga saja Gomez terus di Persib. Tim Maung Bandung juga semoga bisa kembali rebut juara,” pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar