Yamaha Mio S

Arkeolog Temukan Peti Mati Raksasa di Mesir

  Rabu, 11 Juli 2018   Adi Ginanjar Maulana
Sarkofagus atau peti mesir kuno dari granit hitam di sebuah makam di Alexandria, Mesir.(LIvesicience)

AYOBANDUNG.COM—Arkeolog baru-baru ini menemukan sarkofagus atau peti mesir kuno dari granit hitam di sebuah makam di Alexandria, Mesir.

Sarkofagus tersebut memiliki lebar 1,6 meter, tinggi 1,8 meter, dan panjang 2,6 meter. Peti mati kuno tersebut dikuburkan antara 305-35 sebelum masehi.

Seketaris Jenderal Dewan Purbakala dan Barang Antik Mesir, Moztafa Waziri, menduga sarkofagus tersebut adalah yang terbesar yang pernah ditemukan di Alexandria.

"Sebuah lapisan mortir tebal menutupi sebagian besar sarkofagus, menunjukkan itu belum dibuka sejak dikuburkan," kata Waziri dalam pernyataannya seperti dikutip Live Science, Rabu (11/7/2018). 

Orang yang dimakamkan di sarkofagus bersama pakaian atau perhiasan kemungkinan masih utuh.

Arkeolog pun menemukan alabaster seorang pria berbentuk kepala, yang dimungkinkan jenazahnya dimakamkan di sarkofagus.

Penemuan ini meninggalkan serangkaian misteri bagi arkeolog: siapa yang dikubur di dalam sarkopagus? Artefak apa yang bersembunyi di dalam? Dan, mengapa sarkofagusnya begitu besar?

Kesempatan langka

Makam kuno yang ditemukan di Mesir sering dijarah, baik pada zaman kuno maupun modern. Kebanyakan sarkofagus ditemukan sudah dibuka, isinya diambil dan tulang mumi kadang-kadang ditemukan tersebar karena sudah dijarah.

Dalam kasus ini, sarkopagus tampaknya belum dibuka, sehingga memberikan kesempatan kepada arkeolog untuk mempelajari isi dan orang di dalamnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar