Yamaha Aerox

Football's (Ready) Coming Home

  Rabu, 11 Juli 2018   Andres Fatubun
Harry Maguire merayakan golnya ke gawang Swedia ditemani Harry Kane, John Stones, dan Delle Ali. (@england)

It's coming home, it's coming home, it's coming
Football's coming home 
It's coming home, it's coming home, it's coming
Football's coming home
It's coming home, it's coming home, it's coming
Football's coming home
It's coming home, it's coming home, it's coming
Football's coming home

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Begitulah penggalan refrain lagu berjudul "Three Lions" yang dikumandangkan pendukung Timnas Inggris usai membekuk Swedia 2-0 di babak perempat final Piala Dunia 2018.

Rakyat dan pendukung sepakbola Inggris tengah larut dalam harapan tertinggi untuk "membawa pulang" trofi Piala Dunia ke negaranya untuk pertama kali sejak 1966. Inggris yang dikenal sebagai kutub sepakbola dunia ternyata baru merasakan satu kali juara Piala Dunia. Setelah itu, pencapaian tertingginya hanya mencapai perempat final.

Langkah Inggris di Piala Dunia 2018 diluar dugaan. Three Lions diragukan oleh sejumlah pengamat bisa melaju sejauh ini, yaitu mencapai semifinal. Alasannya karena materi pemain timnas Inggris hanya pemain muda yang minim pengalaman internasional. Tidak ada nama megabintang yang mengisi skuat besutan Gareth Southgate ini.

Tapi faktanya kini berubah 180 derajat. Justru lewat pemain mudanya, mereka tampil penuh tenaga dan kreasi.

Di pertandingan pembuka babak penyisihan Inggris mengalahkan Tunisia 2-1. Selanjutnya menggulung debutan Panama 6-1, dan kalah di pertandingan terakhir penyisihan grup 1-2 melawan Belgia. Inggris melaju ke babak selanjutnya sebagai runner up Grup H. Di babak perdelapan final, Three Lions mengalahkan Kolombia 4-3 lewat tendangan adu penalti untuk lolos ke perempat final. Di pertandingan terakhirnya, Inggris menekuk Swedia 2-0 sehingga lolos hingga semifinal.

Inggris adalah satu-satunya negara di Piala Dunia 2018 dengan materi pemain yang semuanya bermain di liga domestik. Tak satupun pemain yang dibawa pelatih Southgate yang bermain di luar Liga Premier Inggris. Soliditas skuat Inggris ini juga yang membawa striker Hary Kane memimpin daftar top skorer dengan enam gol.

Langkah Inggris untuk membawa pulang trofi Piala Dunia kini tinggal dua langkah. Langkah pertama adalah harus mengalahkan Kroasia di babak semifinal yang akan digelar pada Kamis (12/7) dini di Stadion Luzhinki. Selanjutnya di partai final, Minggu (15/7), Inggris harus menang melawan Prancis.

Jika skenario tersebut terjadi, maka apa yang diharapkan publik Inggris seperti lagu "Three Lions" yang dipopulerkan band asal Inggris Baddiel, Skinner & The Lightning Seeds pada 1996 menjadi kenyataan. Football's coming home! 

     

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar