Yamaha Aerox

Jabar Kembangkan 49 Pantai Baru di Selatan

  Selasa, 10 Juli 2018   Dadi Haryadi
Geopark Ciletuh.(Antara)
JALAN DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggali potensi pantai baru demi mendongkrak kunjungan wisatawan. Adapun target tahun ini sebanyak 49,75 juta kunjungan wisatawan.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, Ida Hernida mengatakan, pihaknya mendapat limpahan hasil penelitian dari Sekolah Bisnis Managemen (SBM) ITB. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui di sepanjang Jabar Selatan masih banyak pantai yang potensinya belum tergali.
 
"Ternyata berdasarkan survei penelitian ITB, ada 49 titik baru yang bisa dijadikan destinasi di Jabar Selatan," ujarnya, Selasa (10/7/2018).
 
Dia menjelaskan saat ini seluruh pantai tersebut masih perawan belum banyak terjamah oleh pengunjung. Padahal punya potensi luar biasa untuk dikembangkan.
 
Lebih lanjut Ida menuturkan, pantai Jabar selatan terbentang dari Ujung Genteng sampai Rancabuaya. Namun, hanya beberapa pantai yang terkenal seperti Pangandaran, Palabuhanratu, dan Santolo.
 
"Pantai-pantai tersebut punya pemandangan luar biasa serta punya keunikan tersendiri," katanya.
 
Menurutnya, pantai yang belum terjamah tersebut butuh akses jalan serta sentuhan. Selain dari pemerintah, dukungan serupa dibutuhkan dari pengusaha, komunitas, dan stakeholder lainnya.
 
"Kami mengimbau semua pemda untuk menghidupkan Jabar Selatan," katanya.
 
Salah satu cara untuk menghidupkan pantai tersebut, pihaknya berharap setiap pemda menghidupkan kuliner ciri khas masing-masing. Selain itu, harus dilengkapi dengan restoran dan penginapan.
 
"Saya sudah menghubungi PHRI masing-masing dan Garut akan menjadi pionir pengembangan di Jabar Selatan," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar