Yamaha Lexi

Cara Ampuh Atasi Ponsel yang Lemot

  Selasa, 10 Juli 2018   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi ponsel lemot.(Android Authority)

AYOBANDUNG.COM—Mengapa ponsel saya menjadi lambat? Pertanyaan ini lazim ditanyakan ketika ponsel beranjak tua.

Ada sejumlah kemungkinan yang menyebabkan ponsel melambat seiring bertambahnya usia. Untungnya, beberapa dari pengguna sudah bisa mengatasinya dengan cepat.

Namun, persoalan muncul bila Anda tidak tahu bagaimana cara memperbaiki kondisi ponsel tersebut.

Berikut cara untuk mengatasi ponsel melambat atau lemot seperti dikutip dari Android Authority, Selasa (10/7/2018):

Aplikasi Latar Belakang

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah penyebab utama ponsel bekerja lambat.

Banyak dari aplikasi ini membutuhkan sumber daya, penyegaran data, lalu menghubungkannya ke internet yang membuat sistem bekerja lambat.

Ponsel memiliki sumber daya terbatas (RAM, CPU, dan sejenisnya), sehingga harus dibagi kepada seluruh komponen.

Menghapus aplikasi lama dan tidak terpakai merupakan praktik pemeliharaan yang penting dan super sederhana.

Untungnya, versi Android terbaru membuat masalah ini lebih mudah diatasi dari sebelumnya. Sistem android kini menawarkan alat pembersihan penyimpanan yang dapat secara otomatis menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan dalam waktu lama.

Untuk memeriksa layanan yang sedang berjalan di ponsel Anda, masuk ke Developer Options dengan mengetuk tujuh kali pada nomor versi di bawah  Settings > About phone. Dari sana, masuk ke Developer Options dan ketuk Running Services. 

Sebagai alternatif, Anda dapat menjalankan aplikasi pelacakan layanan seperti Greenify atau Servicely untuk melihat bagaimana layanan ini memengaruhi sumber daya dan masa pakai baterai Anda dari waktu ke waktu jika perangkat Anda di-root.

Memori penyimpanan Penuh

Memori penyimpanan internal yang penuh akan membuat kinerja ponsel melambat. Hal ini karena banyaknya aplikasi, foto, video, dan file cache aplikasi yang tidak terkendali.

Untungnya, Android akan menampilkan pemberitahuan setelah kehabisan memori, memberikan Anda opsi untuk menghapus file media dan aplikasi yang tidak digunakan.

Lebih baik untuk tetap di atas situasi sebelum itu terjadi, baik dengan menghapus file secara manual atau menggunakan pembersih penyimpanan internal ponsel Anda.

Bahkan, jika Anda tidak melihat salah satu dari pemberitahuan "ruang kosong" tersebut, memori yang berantakan dari usia dan aplikasi lama yang dihapus masih dapat memperlambat sistem. Hal ini dikenal sebagai fragmentasi.

Usia baterai

Usia baterai merupakan salah satu masalah elektronik terbesar. Setelah dua sampai tiga tahun digunakan, kapasitas baterai turun dan perangkat tidak lagi dapat bertahan sehari dengan muatan penuh.

Bagian lain dari proses penuaan ini yakni peningkatan resistensi internal di dalam baterai dari penumpukan elektroda film.

Resistensi internal memiliki dua efek pada kinerja. Resistensi yang lebih tinggi menyebabkan tegangan output jatuh saat penarikan arus tinggi. Ini dikenal sebagai tegangan terkulai.

CPU sensitif terhadap suhu, sehingga pengontrol manajemen daya ponsel mungkin memutar balik kecepatan prosesor jika ponsel menjadi terlalu panas karena baterai yang lama.

CPU dan memori yang berjalan pada kecepatan tinggi juga membutuhkan lebih banyak arus. Oleh karenanya menyebabkan penurunan tegangan yang lebih tinggi.

Degradasi Memori

Degradasi memori terjadi karena program/proses penghapusan menyebabkan kerusakan lapisan oksida yang menjebak elektron dalam sel memori flash NAND, akhirnya memori pun rusak.

Sama seperti baterai, kapasitas memori menurun seiring waktu. Oleh karena itu, sebaiknya memori ponsel tetap terjaga dan dipakai sesuai kebutuhan.

Pembaruan OS dan Aplikasi

Teori lain yang sangat umum untuk perangkat yang melambat adalah dengan bertambahnya usia sistem operasi seperti Android dan iOS, serta aplikasi yang berjalan di atasnya.

Hal ini menjadikan ponsel butuh lebih banyak sumber daya yang berat karena terus diperbarui. 

Dengan begitu, Anda perlu mencermati apakah pembaharuan harus dilakukan segera atau tidak.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar