Yamaha Mio S

Berkat TMMD Warung Tenda Dadakan Kebanjiran Rezeki

  Selasa, 10 Juli 2018   Andres Fatubun
Pasilat Korem 071 Wijaya Kusuma, Mayor Inf Ahmad bersama rekan-rekannya terlihat sarapan dalam persiapan upacara pembukaan.(pendim0704bna)

BANJARNEGARA, AYOBANDUNG.COM--Rustini (43) warga Dusun Kroya Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum merasakan berkah dari TMMD Reguler 102 Kodim Banjarnegara yang resmi dibuka Selasa (10/7/18).

Warung tenda dadakan mereka mulai diserbu anggota TNI dan para pengunjung yang ingin melihat dari dekat Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko dan Bupati Budhi Sarwono Kho Wing Chin. Geliat ekonomi warga mulai terlihat. Lapangan desa yang terletak di area persawahan warga mulai ramai dikunjungi warga.

Warung tenda tersebut menjamur di sepanjang jalan dari lapangan menuju desa. Rustini mengaku sebelumnya, pemasukan hariannya tidak menentu. Namun kehadiran Satgas TMMD dan orang yang berdatangan melihat pembangunan di desanya, pemasukan perharinya naik hingga Rp50 ribu. 

Rustini menjajakan makanan ringan, minuman, buah-buahan maupun tempe mendoan. Dia juga mengaku rencananya dalam satu bulan ini, usahanya akan dikembangkan dengan menyediakan makanan saji berupa soto dan nasi. Para warga lainnya umumnya menjual nasi bungkus, mi rebus, air mineral, rokok, kopi dan jenis minuman lainnya serta buah-buahan iris. 

Warga akan menggeser warungnya tersebut ke lokasi dimana pembangunan fisik TMMD berlangsung dan di rumah-rumah tempat para anggota Satgas TMMD bermalam. Usaha baru dagang warga ini, akan menambah pendapatan keluarga. 

Kades setempat, Aris Winarno, sangat bersyukur atas pertumbuhan ekonomi warganya ini. Dia berpesan agar warga jangan sampai terlena berjualan selama TMMD, namun tetap fokus membagi tenaga bergotong-royong memajukan desa lewat pembangunan bersama TNI. 

Pembangunan meliputi pengecoran jalan desa sepanjang 1.170 meter, pembangunan Talut 100 meter, Bronjongisasi di beberapa titik tebing sepanjang 56 meter serta pembuatan 100 meter drainase. Ditambah sasaran lainnya yaitu 32 Unit Jambanisasi serta rehab RTLH sebanyak 11 Unit dan pembangunan 1 Unit Poskamling. 

“Semua pekerjaan ini memerlukan tenaga yang ekstra dan tidak sedikit, agar sebelum 11 Agustus nanti bisa selesai maksimal,” serunya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar