Yamaha Lexi

Lawan Prancis, Semifinal Kedua Belgia di Piala Dunia

  Selasa, 10 Juli 2018   Andri Ridwan Fauzi
Timnas Belgia, (skysports.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Belgia sukses menjejakkan kaki di semifinal Piala Dunia 2018 Rusia. Tim berjuluk "Setan Merah" ini mampu menyamai prestasinya pada  Piala Dunia 1986 lalu di Meksiko. Dengan kata lain, Romelu Lukaku dan kawan-kawan harus menunggu hingga 32 tahun untuk bisa mencapai babak 4 Besar di even sepak bola terbesar di dunia ini.

Pada Piala Dunia 1986 Meksiko, Belgia tergabung di Grup B bersama Mesiko, Paraguay, dan Irak. Dari 3 laga, Belgia mencatat sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah. Di klasemen akhir, Belgia finis di urutan ketiga dengan mengemas nilai 3.

Hasil tersebut cukup mengantarkan Belgia melaju ke Babak 16 besar mendampingi Meksiko dan Paraguay sebagai juara dan runner-up Grup B. Belgia menjadi tim peringkat ketiga terbaik untuk menggenapi 16 tim yang lolos ke perdelapan final. Di Piala Dunia 1986 tersebut, hanya 24 tim yang lolos.

Di babak 16 Besar, Belgia menang 4-3 atas Uni Soviet yang membuat Enzo Scifo dan kawan-kawan melaju ke perempat final. Di babak 8 Besar, Belgia menang atas Spanyol melalui drama adu penalti 6-5 (1-1).

Namun, langkah Belgia terhenti di semifinal. Melawan Argentina, Belgia takluk 0-2 berkat dua gol Diego Armando Maradona di menit ke-51 dan 63.

Di perebutan tempat ketiga, belgia harus mengakui keunggulan Prancis dengan skor 4-2. 

32 tahun berselang, Belgia kembali tampil di semifinal Piala Dunia. Kali ini, Prancis yang mengalahkan mereka di perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1986, lalu menjadi lawan Kevin De Bruyne dan kawan-kawan. 

Motivasi tinggi berada di benak semua pemain Belgia. Pasukan besutan Roberto Martinez ini menjadi tim emas Belgia saat ini dan diharapkan publik mampu meraih prestasi tertinggi di Piala Dunia 2018.

Catatan Belgia di Rusia bisa disebut mentereng. Belgia tampil sebagai juara Grup G dengan nilai sempurna 9. Di babak 16 Besar Belgia memulangkan Jepang dengan skor tipis 3-2 meski tertinggal dua gol terlebih dahulu.

Penampilan paling fenomenal, Belgia sukses menyingkirkan Brasil di perempat final dengan skor tipis 2-1. 

Namun, untuk bisa melaju ke final, diperlukan kerja keras dan daya juang tinggi. Karena Prancis yang menjadi lawan di semifinal bukanlah tim kemarin sore. Berstatus juara dunia 1998 dan dihuni para pemain bintang, Prancis bisa menjadi hambatan besar bagi Belgia untuk lolos ke partai puncak. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar