Yamaha Mio S

Info Receh nan Berharga, Prancis vs Belgia Adalah Asterix dan Tintin

  Selasa, 10 Juli 2018   Andres Fatubun
Ilustrasi Tintin dan Asterix.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Pertandingan semifinal pertama Piala Dunia 2018 antara Prancis kontra Belgia akan digelar di St Petersburg Stadium pada Rabu (11/7/2018) dini hari mulai pukul 01.00 WIB. 

Laga diprediksi akan berlangsung terbuka dan panas karena kedua tim dihuni pemain bintang. Di lini tengah, Prancis memiliki Ngolo Kante, Paul Pogba, dan Antoine Griezmann. Sedangkan Belgia punya Eden Hazard, Kevin de Bruyne, dan Marouane Fellani. Duel lini tengah ini dinilai akan menjadi kunci kemenangan tim masing-masing.

Selain sebagai negara unggulan dalam sepak bola, Prancis dan Belgia pun sama-sama memiliki tokoh komik yang mendunia. Karakter Asterix mewakili Prancis dan Tintin dari Belgia.

Asterix atau The Adventures of Asterix merupakan serial komik yang dibuat oleh René Goscinny sebagai penulis dan Albert Uderzo selaku ilostrator.

Tokoh Asterix pertama kali muncul dalam majalah komik Pilote pada 29 Oktober 1959. Karakter Asterix akhirnya mandiri dengan menerbitkan komiknya sendiri pada tahun 1961 dengan judul pertama "Asterix The Gaul". 

Dalam perjalanannya, sang pencetus Goscinny meninggal pada tahun 1977 dan sahabatnya Uderzo yang mengambil alih ceritanya hingga tahun 2009. Namun, karena usianya yang semakin tua, Uderzo akhirnya menjual hak paten Asterix pada perusahaan Hachette. Maka sejak 2013, karakter dalam komik Asterix dilanjutkan oleh tim baru yaitu penulis cerita Jean-Yves Ferri dan ilustrasi dari Didier Conrad.

Hingga tahun 2017, Asterix telah membuahkan 37 serial judul dan empat judul di luar komiknya. 

Komik Asterix telah dialihbahasakan ke lebih dari 100 bahasa dan dialek serta diadaptasi ke ke layar lebar, gim, dan theme park.

Karakter komik Asterix adalah Asterix itu sendiri bersama sahabatnya Obelix yang selalu membawa anjing kesayangannya Idefix. Namun, dalam versi Inggris, nama anjingnya berubah menjadi Dogmatix. 

Mereka yang merupakan suku Gaul (Prancis, Luxembourg, Belgia, sebagian besar Swiss, dan Utara Italia sekarang) dikisahkan menjalani petualangan ke sejumlah negara seperti Belgia, Spanyol, Jerman, Amerika Utara, Timur Tengah, hingga India. Dalam petualangannya itu mereka kerap dihadang pasukan Romawi. Namun, berkat ramuan ajaib, ketiganya selalu berhasil membuat prajurit Romawi kocar-kacir.

Sedangkan tokoh Tintin atau The Adventures of Tintin berusia lebih tua. Edisi perdana komik Tintin diterbitkan di Prancis pada 10 Januari 1929 dalam suplemen Le Petit Vingtième yang merupakan sisipan surat kabar Le Vingtième Siècle.

Keunikan jalan cerita Tintin membuatnya sukses, sehingga diambil oleh surat kabar Belgia Le Soir hingga akhirnya mandiri menjadi majalah komik Tintin.

Tintin dibuat oleh seorang kartunis asal Belgia Georges Remi yang memakai nama alias Harge. Pada tahun 1950, Harge membuat studio sendiri yaitu Studios Harge yang memproduksi komik Tintin hingga akhir hayatnya.

Tintin merupakan salah satu komik paling populer dunia di abad 20. Pada 2007, dalam perayaan satu abad kelahiran Harge, Tintin sudah diterjemahkan lebih dari 70 bahasa dan terjual lebih dari 200 juta kopi. Karakter Tintin pun sukses diangkat menjadi cerita di radio, film serial televisi, layar lebar, hingga panggung teater. 

Serial komik Tintin telah terbit dalam 24 judul. Judul terakhirnya "Tintin and Alph-Art" dirilis pada tahun 1986 dalam keadaan yang belum selesai karena Harge meninggal dunia pada 3 Maret 1983.

Karekter Tintin dikisahkan sebagai seorang pemuda berani asal Belgia yang berprofesi sebagai reporter. Ia mempunyai seekor anjing kecil yang selalu setia menemani liputannya bernama Snowy. Dalam versi Prancis, Snowy dinamai Milou.

Karakter utama dalam komik Tintin lainnya adalah pria pemberang, pemarah, dan suka mabuk yaitu Kapten Haddock. Selain Haddock yang sering mengumpat dengan kata-kata kasar, ada pria tua cerdas namun tuli yaitu Profesor Calculus.

Sebagai reporter, Tintin sering memperoleh informasi tindakan kriminal dari detektif kembar gadungan yaitu Thomson and Thompson.

Kekuatan komik Tintin terdapat dalam gambar dengan guratan yang bersih dan gaya Harge yang ekspresif. Kisah petualangan Tintin pun memiliki beragam genre mulai dari petualangan yang bersifat fantasi, misteri, politik, dan fiksi ilmiah. Kisah Tintin sering digambarkan dengan slapstick humor atau kejadian-kejadian dan gerak tubuh lucu yang mendetil. Selain itu, kisahnya dibumbui dengan komentar satir, politik, dan budaya terkini di zamannya karena kisah Tintin tak terlepas dari masa Perang Dunia I dan II.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar