Yamaha Aerox

Panasnya Laga Antara Tim Ayam Jantan melawan Setan Merah

  Selasa, 10 Juli 2018   Andres Fatubun
Ilustrasi pertandingan.

PETERSBURG, AYOBANDUNG.COM--Timnas Prancis yang berjuluk 'The Gallic Rooster' atau Ayam Jantan akan menghadapi laga hidup mati di semifinal Piala Dunia 2018 melawan "Setan Merah"-nya Eropa Belgia, Rabu (11/7/2018) dini hari di St Petersburg Stadium.

Prancis tengah membidik final Piala Dunia untuk ketiga kalinya, sedangkan Belgia untuk kedua kalinya. Pertemuan kedua timnas sudah berlangsung 74 kali. Belgia mendominasi dengan 30 kemenangan sedangkan Prancis 24 kali.

Prancis
Prancis mengawali Piala Dunia 2018 dengan cibiran. Di laga perdana, Tim Ayam Jantan menang tipis 2-1 atas Australia berkat gol penalti kontroversial dan "sumbangan" gol bunuh diri. Namun, di laga berikutnya, khususnya di babak knock out, Prancis mulai menunjukkan kualitasnya. 

Pasukan Didier Deschamp ini sukses menggulung dua wakil Amerika Selatan, Argentina dan Uruguay. Kylian Mbappe yang sebelumnya tampil melempem berhasil memperlihatkan kualitasnya dengan dua gol ke gawang Argentina. Lini tengah dan belakang pun dianggap sukses mematikan pemain kelas dunia macam Lionel Messi dan Luis Suarez.

Namun melawan Belgia, Prancis perlu ekstra kerja keras. Belgia adalah tim yang kuat di semua lini. Mereka pun tidak mengandalkan gol dan kemenangan pada satu atau dua pemain.

AYO BACA : Hadapi Belgia, Penjaga Gawang Prancis Siap Menderita

Meski begitu, di Piala Dunia, Prancis lebih berpengalaman ketimbang Belgia. Buktinya, di laga pemanasan, Prancis selalu menang. Dari 17 laga terakhir internasional, Prancis hanya kalah satu kali. Prancis sukses mengalahkan Inggris, Belanda, Wales, Jerman, dan Italia.

Belgia
Belgia mengukuhkan diri sebagai tim yang mesti ditakuti dalam empat tahun belakangan. Belgia tak pernah kalah dalam 24 laga terakhirnya. Pengakuan tersebut semakin nyata setelah Belgia menghentikan Brasil 2-1 di perempat final Piala Dunia 2018.

Dengan materi pemain yang disebut Generasi Emas, Belgia menyuguhkan permainan menyerang yang tajam dan penuh kreasi. Hal ini tak lepas dari penampilan Kevin De Bruyne dan Eden Hazard memukau dunia. Begitu juga Romelu Lukaku. Dia tak cuma jago menjebol gawang, tapi juga lihai mengalihkan perhatian lawan. Kecepatan ketiganya melakukan serangan balik disebut yang paling mematikan.

Roh permainan Belgia terletak pada motivasi tinggi dan hasrat setiap pemain yang haus kemenangan. Bahkan penjaga gawang Prancis, Hugo Lloris, mewanti rekan-rekannya bahwa mereka akan menderita saat menghadapi Belgia. Menurut Lloris, Belgia tidak mau menerima kekalahan, sehingga akan mencoba segala cara untuk menang.   
    
Dengan kondisi terkini dan riwayat pertandingan sebelumnya, laga Prancis kontra Belgia diperkirakan akan berlangsung terbuka dan panas. Kedua pelatih menyatakan tidak ada pemain pilarnya yang berhalangan tampil dan siap menerapkan taktik yang saling mengalahkan.

Perkiraan susunan pemain
Prancis:Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez; Kante, Pogba; Mbappe, Griezmann, Matuidi; Giroud.
Belgia: Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Chadli, Witsel, Fellaini, Carrasco; De Bruyne, Hazard, Lukaku.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar