Yamaha Lexi

PPDB 2018, Pemkot Bandung Jamin Kualitas Sekolahnya Terbaik

  Senin, 09 Juli 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi -- Orang tua calon siswa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pendidikan se-Jabar melakukan aksi unjuk rasa memprotes sistem PPDB 2018 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (9/7). (Irfan Alfaritsi/ayobandung)

JALAN RIAU, AYOBANDUNG.COM—Menanggapi maraknya layangan protes terhadap sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018, Pemerintah Kota Bandung menjamin kualitas terbaik dimiliki setiap sekolah negeri yang ada di Kota Kembang. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengingatkan orangtua untuk tak terlalu khawatir akan kualitas sekolah.

“Kualitas pendidikan di Kota Bandung itu naik, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di bidang pendidikannya aja lebih dari 90. Artinya, bersekolah di mana saja di Kota Bandung, kualitasnya saya jamin salah satu yang terbaik di Indonesia,” ujar Ridwan saat ditemui awak media, Senin (9/7/2018).

Pria yang akrab disapa Emil ini menilai, masalah klasik soal PPDB ini bisa muncul karena paradigm orangtua masih terkungkung pada klasifikasi sekolah favorit dan tidak favorit. Oleh karena itu, Pemkot Bandung akan berusaha untuk memeratakan kualitas semua sekolah negeri di Bandung.

Pemkot Bandung bakal berusaha memfasilitasi seluruh kepentingan masyarakat dengan prinsip berkeadilan. Melalui Dinas Pendidikan, Pemkot Bandung telah membuat kebijakan agar setiap siswa memperoleh perhatian dengan membuat berbagai jalur masuk.

"Tentulah setiap orang punya harapan dan cita cita. Tapi, kan, dimensi pendidikan tidak semata mata kepintaran saja, tapi rasa keadilan," ujar Emil.

Membuka aduan

Emil mempersilakan pihak-pihak yang merasa belum puas terhadap hasil PPDB untuk menyampaikan aspirasinya di berbagai saluran yang telah disediakan. Menurutnya, setiap sekolah membuka meja pengaduan untuk calon orangtua siswa yang menemui kendala.

"Jika masih ada kekurangpahaman atau kekurangpuasan, kami telah menyiapkan lembaga pengaduan yang akan memfasilitasi permasalahan itu secara aturan dan regulasi," sambung Emil.

Namun, Emil bakal menindak tegas jika ada pelaporan tindakan kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, meski Pemkot Bandung telah mencoba semaksimal mungkin untuk bersikap adil, dinamika pasti akan selalu ada.

"Kami ada format kalau pelanggarannya pidana itu dilaporkan dan ada yang diberhentikan atau sebagainya. Jadi kalau ada kecurangan yang sifatnya kriminal seperti orang kaya mengaku miskin, tolong dikasih tahu pasti kami akan melakukan tindakan sesuai peraturan," tandas Emil.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar