Yamaha NMax

Bakesbangpol Jabar Bangun Bank Data

  Senin, 09 Juli 2018   Dadi Haryadi
Kepala Bakesbangpol Jabar, Ruddy Gandakusumah. (Ananda Firdaus/ayobandung)

DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM--Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Barat segera membangun sebuah bank data yang berisikan informasi sosial, politik, budaya, hingga harga kebutuhan pokok dari seluruh kabupaten/kota.

Kepala Bakesbangpol Jabar, Ruddy Gandakusumah mengatakan, aplikasi sistem informasi teknologi tersebut ditargetkan akan selesai dan bisa digunakan pada 2019 mendatang. 

"Kami sudah mencoba menyusun aplikasi sistem informasi. Sehingga data apapun dari Kesbangpol kabupaten/kota pada saat yang sama bisa masuk ke meja gubernur dan bisa melakukan tindakan apapun yang diperlukan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing," ujar Ruddy di Gedung Sate, Bandung, Senin (9/7/2018).

Menurut Ruddy, aplikasi teknologi ini bisa mendeteksi setiap permasalahan yang ada di Jawa Barat dari mulai masalah ideologi, sosial, politik, dan lainnya, sehingga tidak ada istilah baru mengetahui setelah kejadian. 

"Sebagai mata dan telinga kepala daerah, menjadi tantangan tersendiri bagi Bakesbangpol agar setiap program ataupun kejadian ideologi politik apapun di Jabar terdeteksi pada waktu yang bersamaan," ucap Ruddy. 

Ruddy menjelaskan, pihaknya merupakan institusi pemerintahan yang memiliki hubungan lintas institusional dan sektoral serta menaungi organisasi masyarakat hingga LSM. Jika tidak dimanfaatkan secara optimal, maka peran kepala daerah tidak akan maksimal.

"Ke depan kami harus punya ahli ekonomi, pertanian, budaya, hukum. Sebelum kepala daerah akan mengambil kebijakan apapun harus berdasarkan data dan analisis yang tepat," beber Ruddy.

Nantinya, informasi dan data yang masuk ke meja kesbangpol setiap kabupaten/kota akan dipilah-pilah ke institusi yang berwenang.

"Bicara kondusivitas Jabar, bagaimana bicara program dan sistem yang ada dengan memanfaatkan IT. Sehingga sufraturktur maupun infrastruktur pusat data informasi harus dioptimalkan agar kejadian apapun yang terjadi di pelosok Jabar bisa terdeteksi," pungkas Ruddy.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar