Yamaha Mio S

Korban Banjir Jepang Terus Bertambah hingga Ratusan

  Senin, 09 Juli 2018   Hengky Sulaksono
Banjir merendam Kota Wabi, Jepang. (Kyodo/Reuters)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Banjir besar yang melanda Jepang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah besar. Bencana banjir dan longsor skala besar di Negeri Sakura ini dipicu hujan deras yang terjadi sejak Kamis (5/7/2018) hingga Minggu (8/7/2018).

Dilaporkan Channel News Asia, sedikitnya 100 orang terkonfirmasi meninggal pada Senin ini. Juru bicara utama pemerintah, Yoshihide Suga mengatakan, 87 orang telah dikonfirmasi tewas dengan 13 lainnya ditemukan tanpa tanda-tanda vital.

Perdana Menteri, Shinzo Abe, telah mengingatkan petugas untuk bisa berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan korban banjir. Beberapa di antara warga yang terjebak juga terpaksa mengunggah cuitan pesan putus asa mencari bantuan dari layanan darurat.

Dilaporkan ABC Australia, pemerintah telah mengeluarkan perintah evakuasi untuk hampir dua juta orang. Peringatan ancaman longsor juga telah dikeluarkan di banyak prefektur.

Sekitar 54.000 regu penyelamat yang terdiri dari satuan militer, polisi, dan pemadam kebakaran telah dikirim melintasi daerah barat dan barat daya Jepang. Di bagian barat yang porak-poranda, evakuasi dilakukan menggunakan helikopter dan perahu untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di tengah terjangan banjir.

Sementara itu, The Guardian mengklaim jika bencana hujan deras yang terjadi kali ini merupakan bencana terkait cuaca terburuk di Jepang sejak dua topan melanda secara berurutan pada Agustus dan September 2011. Saat itu, kedua topan menewaskan hampir 100 orang. Jumlah korban tewas akibat topan lebih banyak daripada 70 orang tewas akibat tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Hiroshima 2014 lalu.

Pada Senin pagi, hujan mereda di daerah-daerah yang terkena dampak terburuk. Meredanya hujan tersebut dibarengi dengan lonjakan suhu yang menghadirkan risiko kesehatan baru bagi orang-orang yang juga mesti bertahan tanpa pasokan air dan listrik.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar