Yamaha Aerox

Tips Bermain Drone bagi Pemula

  Senin, 09 Juli 2018   Fathia Uqim
Indo Droe Festival, Minggu (8/7/2018).(Fathia/ayobandung.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Bermain drone memang bikin ngiler. Selain bisa menikmati keseruan jadi pilot dari bawah, hasil foto aerial menggunakan drone hasilnya sangat keren.

Kadang untuk memulai bermain suka merasa minder, apalagi dihadapkan oleh para penggemar drone yang sudah lama menggeluti alat tersebut.

Namun, kamu tak perlu khawatir, Ketua Komunitas Satu Langit Nusantara, Yudith Ardian, memberikan sejumlah tips yang telah dirangkum ayobandung.com. Simak tips berikut ini:

Membaca Regulasi Permenhub

Setelah kamu memiliki drone, harap bersabar dulu sebelum menerbangkannya. Alih-alih terkena marah akibat menerbangkan drone lebih dari ketinggian 150 meter, lebih baik baca dengan seksama aturan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan, ya.

Hal-hal yang sering dilanggar katanya menerbangkan di area terlarang seperti bandara atau lingkungan pemerintahan, serta menerbangkan lebih dari ketinggian 150 meter.

Ikut Komunitas

Supaya semakin banyak ilmu, teman, dan wadah yang mendukung, kamu dianjurkan ikut komunitas. Selain bisa berbagi pengalaman sama yang sudah profesional, komunitas juga jadi ajang seru-seruan bareng bermain drone setiap bulannya. 

Seperti halnya Komunitas Satu Langit Nusantara. Mereka rajin “terbang” bersama, aksi kegiatan sosial, sampai menggelar lomba internal. Sekarang, komunitas drone sudah menyebar di mana-mana. Jadi, kamu enggak perlu khawatir.

Berlatih Setiap Hari

Setelah memahami regulasi, kamu perlu berlatih setiap hari kalau bisa. Jangan menganggurkan drone yang kamu sudah beli begitu saja, kan sayang. Cobain di lapangan luas, sambil melihat pemandangan areal sekitar yang belum pernah ditatap dari atas.

Ikut Event Drone

Biar enggak kuper alias kurang pergaulan, ikuti pula akun di media sosial yang khusus membahas drone. Biasanya mereka suka menggelar bermacam-macam acara. Dari acara se-kota kamu saja, bahkan hingga lingkup nasional. 

Seperti kemarin, Indo Drone Festival yang diadakan di Bandung merupakan perhelatan akbar drone yang fantastis.

Puncaknya, akan digelar di Jakarta sambil mengumumkan pemenang lomba Indo Drone Film Festival pada Desemberi 2018 mendatang.

Safety Flight

Pada akhirnya, Yudit tetap menegaskan untuk terbang dengan aman. Meski pesawat ini tanpa awak, tetap kudu berhati-hati dan menjaga nama baik serta drone kamu sendiri.

Jika sedang berada di areal publik, sebaiknya izin terlebih dahulu untuk menerbangkan drone ke pihak setempat.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar