Yamaha NMax

Sejarah Watu Celek yang Melegenda di Kota Cirebon

  Minggu, 08 Juli 2018   Faqih Rohman
Watu Celek. (Faqih R Syafei/ayobandung)

CIREBON.COM, AYOBANDUNG.COM--Tepat di samping makam kuno Ki Datuk Pardun, terdapat sebuah batu yang mencolok karena mirip alat kelamin laki-laki. Masyarakat Cirebon menyebut batu tersebut Watu Celek. 

Situs batu lingga Watu Celek terletak di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon di depan Pasar Keramat atau samping bank bjb Kota Cirebon. Batu tersebut, ternyata menyimpan kisah unik sejak dahulu kala. 

Filolog Cirebon, Opan Rahman Hasyim mengatakan, dalam tradisi kuno penggambaran alat kelamin sebagai sebuah simbol kesuburan atau yang lainnya merupakan hal yang biasa dan lumrah. Seperti salah satunya Watu Celek. 

Disebutkannya, Watu Celek merupakan sebuah sindiran atau ejekan yang ditujukan kepada cucu dari Syekh Siti Jenar. Nama cucu tersebut yaitu Datuk Pardun yang sangat bernafsu ingin memiliki kekuasaan.

"Batu itu sebuah sindiran kepada Datuk Pardun karena punya birahi kekuasaan yang tinggi mirip kakeknya yaitu Syekh Siti Jenar," ungkapnya, Minggu (8/7/2018).

Berdasarkan catatan atau sumber sejarah berupa manuskrip kuno berjudul Sejarah Akhir Cirebon, diterangkan Watu Celek sudah ada sejak tahun 1590-an atau abad ke-16  masa Panembahan Ratu. Artinya batu tersebut sudah berumur kurang sekitar 400 tahun lebih. 

Opan membantah anggapan Watu Celek diciptakan oleh Pangeran Arya Wira Celek. Namun demikian, dia enggan mengungkapkan siapa pembuat sebenarnya.

"Itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu, manuskrip kuno Sejarah Akhir Cirebon menjelaskan berdirinya Watu Celek," pungkasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar